Abstract:
Toko Sepatu X merupakan perusahaan yang menjual berbagai macam produk
seperti sepatu, sandal, dan aksesoris. Saat ini, Toko Sepatu X menjual produknya melalui
dua platform yaitu marketplace dan website. Menurut pemilik toko, terdapat beberapa
masalah pada platform marketplace yang digunakan seperti kebijakan yang mewajibkan
pemilik membayar komisi yang besar untuk setiap transaksi juga persaingan antar
kompetitor yang menjual produk serupa sehingga menghambat pencapaian target
penjualan. Pemilik toko juga sering mendapatkan keluhan terkait lamanya waktu untuk
mengakses website. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi ecommerce
diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan Toko Sepatu X.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode User Centered Design untuk
memusatkan perancangan pada penggunanya. Perancangan dimulai dengan tahap
discovering requirement dan teridentifikasi 25 kebutuhan sekunder yang dikelompokkan
menjadi 7 kebutuhan primer dari pihak Toko Sepatu X dan responden. Dilakukan tahap
design alternatives menggunakan metode brainstorming dan menghasilkan tiga alternatif
desain. Desain dievaluasi menggunakan metode pros and cons untuk menghasilkan
desain konsep baru dan dikembangkan pada tahap prototyping. Tahap terakhir adalah
evaluating yang dilakukan menggunakan metode usability testing. Evaluasi variable
efektivitas dan efisiensi dilakukan dengan task completion. Evaluasi variable kegunaan dan
kepuasan menggunakan kuesioner Usefulness, Satisfaction, and Ease of Use (USE).
Penelitian menghasilkan dua aplikasi yaitu aplikasi Toko Sepatu X untuk pembeli
dan aplikasi untuk admin. Aplikasi Toko Sepatu X untuk pembeli memiliki fitur untuk
melakukan pembelian, membandingkan produk, serta fitur lainnya. Aplikasi untuk admin
memiliki fitur untuk menambahkan dan mengubah informasi produk, melayani pembeli,
serta fitur lainnya. Hasil evaluasi rancangan kriteria effectiveness nilai rata-rata sebesar
87% untuk aplikasi pembeli dan 93% untuk aplikasi admin dari 100%. Untuk kriteria
efficiency nilai rata-rata sebesar 86% untuk aplikasi pembeli dan 96% untuk aplikasi admin
dari 100%. Hasil evaluasi kriteria usefulness nilai rata-rata sebesar 5,93 pada aplikasi
pembeli sedangkan untuk aplikasi admin sebesar 5,84 dari 7. Kriteria satisfaction
menghasilkan nilai rata-rata sebesar 5,72 pada aplikasi pembeli sedangkan untuk aplikasi
admin sebesar 5,68 dari 7. Hasil evaluasi kedua aplikasi memiliki kriteria yang baik.