Abstract:
Pertumbuhan industri tekstil di Indonesia sangat pesat, dapat dilihat dari permintaannya
yang meningkat setiap tahunnya, serta Indonesia menjadi bagian dari sepuluh negara
terbesar dalam hal mengeksportir tekstil secara internasional. UD X sebagai salah satu
bisnis yang bergerak di industri tekstil ini telah beroperasi sejak 2017 dalam menjual produk
kain tekstil dengan sistem reseller. Selama dua tahun terakhir, tingkat penjualan UD X
mengalami penurunan sebesar 58,31% sehingga dibutuhkan usulan strategi bisnis yang
dapat memperbaiki permasalahan pada UD X dan meningkatkan penjualannya agar target
penjualan bisa kembali tercapai. Perumusan usulan strategi ini dilakukan dengan beberapa
tahap yang dimulai dari identifikasi kondisi internal dan eksternal dari UD X. Proses
pengidentifikasian faktor eksternal dari UD X dilakukan dengan observasi, wawancara,
PEST analysis, dan porter five forces. Proses pengidentifikasian faktor internal dari UD X
dilakukan dengan wawancara dan value chain analysis. Selanjutnya, dalam perumusan
strategi digunakan comprehensive strategy formulation framework yang terdiri dari tiga
tahap, yaitu input stage, matching stage, dan decision stage. Tahap input stage
menggunakan tools matriks EFE dan matriks IFE, tahap matching stage menggunakan
tools TOWS matrix dan IE matrix, dan pada tahap decision stage menggunakan
Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari
QSPM, didapatkan nilai untuk strategi penetrasi pasar dengan skor 6,59; strategi
pengembangan pasar dengan skor 5,24; dan strategi pengembangan produk dengan skor
3,01. Usulan strategi bisnis untuk UD X adalah melakukan kerjasama dengan UMKM
pakaian, mencantumkan pemberian jaminan akan kualitas pembelian produk kain tekstil
pada seluruh upaya promosi UD X, memberikan reward kepada pelanggan tetap UD X,
menggunakan aplikasi yang terkomputerisasi, membuat website dan akun pada sosial
media untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui UD X dan intensif melakukan
promosi, membuat program pelatihan bagi pegawai UD X untuk mampu mengutilisasi
digital channel UD X, dan mengaplikasikan strategi cost leadership.