Usulan perancangan sistem perlintasan kereta api persuasif di Kota Bandung untuk mencegah kecelakaan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Budiman, Fransisca
dc.date.accessioned 2024-04-03T07:12:26Z
dc.date.available 2024-04-03T07:12:26Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44456
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17013
dc.description 6246 - FTI en_US
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara berkembang dengan tingkat mobilitas tinggi, sehingga transportasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tingginya penggunaan transportasi, berdampak pada meningkatnya peluang kecelakaan. Salah satu kecelakaan yang sering terjadi, dan memakan korban jiwa adalah kecelakaan pada perlintasan Kereta Api (KA) sebidang. Berdasarkan data PT KAI, selama tahun 2018 hingga 2019 terjadi 655 kecelakaan pada perlintasan KA di Indonesia. Faktor utama yang menyebabkan kecelakaan pada perlintasan KA sebidang adalah perilaku pengendara kendaraan bermotor yang menyimpang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat usulan perancangan sistem perlintasan kereta api persuasif di kota Bandung untuk mencegah kecelakaan pada perlintasan KA sebidang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Persuasive System Design (PSD), yang memiliki tujuan merubah perilaku. PSD memberikan panduan signifikan dan mendetail dalam mengembangkan suatu sistem. Metodologi penelitian dimulai dari identifikasi permasalahan kunci sistem, menganalisis konteks persuasi, desain sistem, perancangan prototipe, dan evaluasi. Identifikasi permasalahan kunci dari sistem dilakukan dengan cara wawancara dan observasi pada perlintasan, yang menghasilkan motivasi, kemampuan, dan pemicu pengendara saat ini. Selanjutnya, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan ide kemungkinan solusi. Tahap berikutnya, mendesain sistem yang terbagi menjadi perancangan pendukung tugas utama, pendukung dialog, pendukung kredibilitas sistem, dan pendukung sosial. Kemudian bersama salah satu pihak PT KAI mendiskusikan alternatif usulan yang layak untuk diterapkan pada sistem perlintasan KA sesungguhnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan solusi perbaikan sistem perlintasan KA sebidang berupa penambahan instruksi melalui pengeras suara, penambahan barrier di bawah portal KA, serta pemasangan lampu kedapkedip pada portal. Tahap terakhir adalah evaluasi dari usulan, menggunakan Perceived Persuasiveness Questionnaire (PPQ) untuk menilai tingkat persuasif yang dirasakan, serta wawancara. Hasil dari PPQ dengan kriteria effectiveness, quality, dan capability mendapatkan nilai yang baik yaitu 4, 3,88, dan 4,45. Hasil wawancara juga menunjukkan respon positif dan merasa usulan dapat mengurangi kecelakaan yang terjadi pada perlintasan KA sebidang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject KERETA API en_US
dc.subject DESAIN PERSUASIF en_US
dc.subject PERLINTASAN SEBIDANG en_US
dc.subject PERUBAHAN PERILAKU en_US
dc.title Usulan perancangan sistem perlintasan kereta api persuasif di Kota Bandung untuk mencegah kecelakaan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801183
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account