Abstract:
Sejak kasus Covid-19 terus bertambah, pemerintah menerapkan kebijakan untuk
menekan penyebaran Covid-19 seperti dengan penerapan PSBB. Dengan adanya PSBB,
pendapatan di beberapa tempat usaha turun sangat signifikan sehingga mengakibatkan
perusahaan melakukan pemotongan gaji hingga PHK karyawan. Akibatnya pendapatan
menjadi berkurang, namun pengeluaran terus bertambah. Dalam mengatasi keterbatasan
tersebut, muncul ide-ide bisnis kreatif, seperti frozen food yang merupakan salah satu
bisnis yang sangat popular dimasa pandemi. Tren konsumsi frozen food akan terus
bertambah hingga beberapa tahun ke depan dan kinerja bisnis frozen food akan lebih tinggi
25-30% dibandingkan tahun 2020. Biba Foods merupakan salah satu produsen frozen food
yang berdiri saat masa pandemi. Produk yang dijual Biba Foods mayoritas berkomposisi
daging babi. Berdasarkan data OECD, jumlah konsumsi daging babi di Indonesia
mencapai 1,021 kg/kapita. Dapat dikatakan tingkat konsumsi daging babi cukup tinggi,
namun hal tersebut tidak dirasakan oleh Biba Foods yang penjualannya masih sangat
rendah. Oleh karena itu ingin diketahui apakah Biba Foods sudah memiliki kontribusi total
yang maksimal atau belum.
Metode penelitian yang digunakan pada usulan penetapan harga ini berbasis
permintaan dengan menggunakan Choice Based Conjoint (CBC). Penelitian penetapan
harga ini melibatkan preferensi konsumen terhadap konsep produk yang ditawarkan.
Terdapat lima atribut penelitian yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli frozen
food yaitu merek, harga, ukuran, review, dan kemasan. Dengan mendapatkan preferensi
konsumen dengan metode CBC, dapat diestimasi utilitas dengan menggunakan metode
Hierarchical Bayes (HB), dimana hasil estimasi digunakan untuk simulasi pasar dengan
metode Randomized First Choice (RFC) yang berguna untuk mencapai dua tujuan
penelitian. Penetapan harga jangka pendek untuk bakso babi ukuran 250 gram adalah Rp
66.250, lalu untuk ngo hiong ayam ukuran 250 gram dan 400 gram berturut-turut adalah
Rp 48.250 dan Rp 71.200. Lalu penetapan harga jangka panjang untuk bakso babi ukuran
250 gram adalah Rp 67.000, lalu untuk ngo hiong ayam ukuran 250 gram dan 400 gram
berturut-turut adalah Rp 55.780 dan Rp 83.200.