Usulan peningkatan niat beli konsumen secara online di Outkana

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Limiadji, Krista Mayang
dc.date.accessioned 2024-03-27T07:01:20Z
dc.date.available 2024-03-27T07:01:20Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44444
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16996
dc.description 6234 - FTI en_US
dc.description.abstract OutKana merupakan salah satu toko fashion online yang menjual berbagai jenis produk pakaian khusus wanita baik dalam jumlah satuan maupun retail. Pada kurun waktu satu tahun belakangan ini, penjualan outKana sering kali tidak mencapai target penjualannya. Disamping itu juga, diketahui bahwa rata-rata omset penjualan per bulannya pada outKana berada dibawah toko online lainnya yang menjual produk sejenis. Maka diduga bahwa minat beli konsumen secara online pada outKana cenderung lebih rendah dibandingkan kompetitor. Berdasarkan hasil wawancara bersama owner outKana, diketahui bahwa pihak outKana telah melakukan beberapa usaha untuk mencapai target penjualannya. Namun usaha yang didasarkan pertimbangan serta pengalaman sang owner belumlah optimal sehingga tidak membantu outKana dalam mencapai target penjualannya karena tidak sesuai dengan kriteria konsumen. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk meneliti faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam berbelanja produk fashion secara online. Proses penelitian diawali dengan mengembangkan model penelitian mengenai niat beli konsumen secara online beserta operasionalisasi variabel terhadap faktor-faktor yang memengaruhinya. Model penelitian yang digunakan diperoleh dari hasil identidikasi masalah serta studi literatur, dimana mengkaji pengaruh variabel brand orientation, quality orientation, prior online purchase experience, online trust, impulse purchase orientation, price consciousness, dan e-WOM terhadap variabel customer online purchase intention. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 215 responden perempuan berusia 16-35 tahun yang pernah/ tertarik berbelanja produk fashion secara online. Data yang terkumpul dilanjutkan dengan pengujian model penelitian dengan metode Partial Least Squares- Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Pengujian model penelitian menunjukkan hasil bahwa variabel quality orientation, prior online purchase experience, impulse purchase orientation, price consciousness, dan e-WOM secara signifikan berpengaruh terhadap variabel customer online purchase intention. Sedangkan variabel brand orientation dan online trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel customer online purchase intention. Perumusan prioritas perbaikan dilakukan dengan bantuan matriks Importance-Performance Map Analysis (IPMA). Diperoleh impulse purchase orientation serta price consciousness menjadi variabel prioritas utama dalam pemberian usulan perbaikan serta disusul prioritas kedua dan ketiga secara berurutan yaitu variabel e-WOM dan prior online purchase experience. Terdapat 11 usulan perbaikan yang diajukan, dimana 2 usulan perbaikan dipertimbangkan dan 9 usulan perbaikan lainnya telah diterima oleh pihak outKana. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan niat beli konsumen secara online di Outkana en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801156
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account