Usulan strategi bersaing Semen X untuk PT. Mas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.advisor Victorianus Mahendra da Lopez, S.T., M.M.
dc.contributor.author Winoto, Adeline
dc.date.accessioned 2024-03-21T02:56:45Z
dc.date.available 2024-03-21T02:56:45Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44435
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16982
dc.description 6225 - FTI en_US
dc.description.abstract PT MAS merupakan perusahaan distributor yang bergerak di bidang bahan bangunan. Salah satu produk yang dijual oleh PT MAS yaitu Semen X. Pada penjualan Semen X, perusahaan memiliki permasalahan yaitu terjadinya penurunan penjualan. Penyebab dari permasalahan tersebut diduga akibat kalah bersaingnya Semen X oleh semen-semen yang sudah jauh lebih dikenal serta susahnya konsumen untuk percaya dan beralih ke produk Semen X. Permasalahan yang ada di PT MAS perlu ditangani dengan tepat sehingga diperlukan perancangan usulan strategi baru untuk membantu PT MAS meningkatkan penjualan mereka. Perancangan usulan strategi dilakukan dengan tiga tahap yaitu input stage, matching stage, dan decision stage. Pada input stage, faktor internal dan eksternal akan diidentifikasi dan dievaluasi dengan menggunakan IFE matrix serta EFE matrix. Selanjutnya, pada matching stage akan ditentukan alternatif strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menggunakan TOWS matrix, IE matrix, dan Grand Strategy Matrix. Pada tahap decision stage akan ditentukan strategi yang sesuai dari alternatif strategi yang sudah dirumuskan dengan menggunakan QSPM matrix. Berdasarkan hasil dari QSPM matrix didapatkan bahwa hasil dari market development adalah sebesar 6,856, market penetration sebesar 6,12, dan product development sebesar 5,523. Strategi yang dipilih oleh PT MAS adalah market development dan market penetration. Strategi-strategi yang bisa dilakukan pada penetrasi pasar diantaranya membentuk tim sales project, mengadakan event promosi, merekrut social media officer, membuat dan memasang iklan pemasaran serta market development diantaranya menjalin kerja sama dengan pemerintah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject STRATEGI BERSAING en_US
dc.subject MATRIKS IFE en_US
dc.subject MATRIKS EFE en_US
dc.subject MATRIKS TOWS en_US
dc.subject MATRIKS QSPM en_US
dc.title Usulan strategi bersaing Semen X untuk PT. Mas en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801126
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account