Abstract:
PT MAS merupakan perusahaan distributor yang bergerak di bidang bahan
bangunan. Salah satu produk yang dijual oleh PT MAS yaitu Semen X. Pada penjualan
Semen X, perusahaan memiliki permasalahan yaitu terjadinya penurunan penjualan.
Penyebab dari permasalahan tersebut diduga akibat kalah bersaingnya Semen X oleh
semen-semen yang sudah jauh lebih dikenal serta susahnya konsumen untuk percaya dan
beralih ke produk Semen X. Permasalahan yang ada di PT MAS perlu ditangani dengan
tepat sehingga diperlukan perancangan usulan strategi baru untuk membantu PT MAS
meningkatkan penjualan mereka.
Perancangan usulan strategi dilakukan dengan tiga tahap yaitu input stage,
matching stage, dan decision stage. Pada input stage, faktor internal dan eksternal akan
diidentifikasi dan dievaluasi dengan menggunakan IFE matrix serta EFE matrix.
Selanjutnya, pada matching stage akan ditentukan alternatif strategi yang dapat digunakan
untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan menggunakan TOWS matrix, IE matrix,
dan Grand Strategy Matrix. Pada tahap decision stage akan ditentukan strategi yang
sesuai dari alternatif strategi yang sudah dirumuskan dengan menggunakan QSPM matrix.
Berdasarkan hasil dari QSPM matrix didapatkan bahwa hasil dari market
development adalah sebesar 6,856, market penetration sebesar 6,12, dan product
development sebesar 5,523. Strategi yang dipilih oleh PT MAS adalah market development
dan market penetration. Strategi-strategi yang bisa dilakukan pada penetrasi pasar
diantaranya membentuk tim sales project, mengadakan event promosi, merekrut social
media officer, membuat dan memasang iklan pemasaran serta market development
diantaranya menjalin kerja sama dengan pemerintah.