Usulan perbaikan bagi Gerai Toast X berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan dan minat beli ulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Lysandra V. D., Gabrielle
dc.date.accessioned 2024-03-21T02:49:32Z
dc.date.available 2024-03-21T02:49:32Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44434
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16981
dc.description 6224 - FTI en_US
dc.description.abstract Makanan ringan (snack) merupakan salah satu sektor industri makanan dan minuman yang mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia. Salah satu bisnis makanan ringan yang ada di Indonesia adalah gerai toast X. Gerai toast X berdiri sejak tahun 2018 dan menjual berbagai olahan roti panggang. Belakangan ini, penjualan di gerai toast X mengalami penurunan dan tidak mampu mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Persaingan dengan kompetitor diduga menjadi alasan terjadinya hal tersebut. Minat beli ulang di gerai toast X cenderung lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya. Rendahnya minat beli ulang tersebut diduga karena adanya ketidakpuasan konsumen yang membeli di gerai toast X. Oleh sebab itu, penelitian ini diperlukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kepuasan pelanggan dan minat beli ulang di gerai toast X. Faktorfaktor yang diduga memengaruhi kepuasan pelanggan dan minat beli ulang diidentifikasi melalui studi literatur dengan mempertimbangkan hasil wawancara dengan pemilik dan konsumen. Terdapat 9 buah hipotesis dalam penelitian ini yang kemudian diuji menggunakan metode PLS-SEM dengan 189 data yang terkumpul. Pengujian ini berhasil menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan adalah tangibles, reliability, empathy, dan kualitas pelayanan. Selain itu, diperoleh pula hasil bahwa kepuasan pelanggan menjadi faktor yang memengaruhi minat beli ulang. Penelitian dilanjutkan dengan pemberian usulan terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan dan minat beli ulang. Secara keseluruhan, terdapat 5 buah usulan perbaikan yang diberikan bagi gerai toast X untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan minat beli ulang. Seluruh usulan tersebut telah diterima oleh pemilik gerai toast X. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan bagi Gerai Toast X berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan dan minat beli ulang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801125
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account