Usulan perbaikan Hotel A untuk meningkatkan kepuasan pengunjung menggunakan Improvement Gap Analysis (IGA)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fransiscus, Hanky
dc.contributor.author Husen, Albert Calvino
dc.date.accessioned 2024-03-21T02:42:28Z
dc.date.available 2024-03-21T02:42:28Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44433
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16980
dc.description 6223 - FTI en_US
dc.description.abstract Kota Bandung berhasil mendapatkan penghargaan kategori kota besar terbaik di sektor pariwisata Indonesia dengan peringkat Gold dalam ajang Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2019. Hotel A merupakan hotel yang berada di Kota Bandung. Berdasarkan data okupansi Hotel A menunjukkan bahwa terjadinya penurunan yang signifikan pada tahun 2020 dan tingkat okupansi pada tahun 2021 hingga Maret 2022 menunjukkan tingkat okupansi yang rendah jika dibandingkan hotel sekelas Hotel A. Berdasarkan temuan yang dilakukan, ditemukan ketidakpuasan pengunjung terhadap Hotel A. Maka dari itu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai ketidakpuasan pengunjung terhadap Hotel A menggunakan metode Improvement Gap Analysis (IGA). Atribut penelitian yang digunakan merupakan atribut LODGSERV yang disesuaikan dengan kondisi Hotel A sehingga total atribut yang digunakan adalah sebanyak 26 atribut. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan 165 responden melalui pengisian kuesioner. Berdasarkan pengolahan data, ditemukan 6 atribut yang berada pada kuadran I matriks IGA yang menjadi prioritas dalam perbaikan. Keenam atribut tersebut meliputi pegawai hotel dapat memperbaiki kesalahan dengan cepat (A3), pegawai hotel dapat memberikan pelayanan yang tepat waktu (A4), pegawai hotel terlatih dan berpengalaman (A5), pegawai hotel memberikan pelayanan dengan cepat (A9), pegawai hotel selalu tersedia ketika dibutuhkan (A10), dan pegawai hotel peka terhadap kebutuhan pengunjung (A20). Selanjutnya dilakukan pencarian akar permasalahan untuk enam atribut perbaikan tersebut. Dalam hal ini ditemukan sebanyak 12 akar permasalahan untuk dilakukan perancangan usulan perbaikan. Terdapat 16 rancangan usulan perbaikan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung Hotel A. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan Hotel A untuk meningkatkan kepuasan pengunjung menggunakan Improvement Gap Analysis (IGA) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801124
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401058802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account