Abstract:
Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat membuat perubahan besar
pada kebiasaan serta gaya hidup masyarakat. Hal tersebut juga dimanfaatkan sebagai
media untuk melakukan bisnis secara daring. Kemudahan yang ditawarkan dalam
melakukan pembelian secara daring ini menarik niat banyak pembeli. Selain itu, berjualan
secara daring juga memberikan keuntungan bagi penjual seperti tidak membutuhkan lokasi
yang strategis serta dapat menghemat banyak waktu dan biaya. Meskipun demikian,
persaingan di toko online memiliki tingkat kompetisi yang sangat ketat. Toko pakan hidup
X merupakan salah satu toko yang menjual produk pakan hidup melalui platform
Tokopedia. Belakangan ini, toko pakan hidup X mengalami penurunan penjualan. Hal ini
diduga akibat semakin banyaknya persaingan yang kompetitif. Selain itu, banyak orang
yang hanya melihat saja atau sekedar bertanya namun tidak melakukan pembelian. Oleh
sebab itu, dapat dikatakan bahwa masalah utama toko pakan hidup X adalah niat beli yang
rendah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang
berpengaruh terhadap niat beli serta memberikan usulan perbaikannya.
Dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli,
dilakukan pengumpulan data kepada 82 orang responden yang pernah atau berencana
untuk melakukan pembelian pakan hidup secara daring. Setelah itu, seluruh data diolah
dengan menggunakan metode PLS-SEM. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut,
diperoleh 3 variabel yang berpengaruh positif terhadap niat beli pakan hidup secara daring
yaitu kualitas produk, harga, serta reputasi. Setelah mengetahui variabel yang
berpengaruh terhadap niat beli, selanjutnya dilakukan penentuan prioritas usulan
perbaikan serta menghitung tingkat niat beli toko pakan hidup X saat ini. Selanjutnya,
diberikan usulan perbaikan dengan melihat nilai rata-rata setiap indikator, melakukan
observasi, serta berdiskusi dengan pemilik toko pakan hidup X.