Abstract:
Produk X merupakan salah satu produk air mineral yang berada di Bandung.
Produk X sudah dijual dipasaran sejak tahun 2003. Terdapat penurunan penjualan produk
X selama beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi untuk
meningkatkan penjualan tersebut. Untuk mencari masalah utama, peneliti melakukan studi
pendahuluan. Studi pendahuluan dilakukan dengan melakukan survei dan observasi ke
lapangan.
Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa terdapat 4 buah variabel
yaitu produk, harga, tempat ,dan promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Sehingga dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap
keputusan pembelian. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif sehingga hasil yang dihasilkan didukung dengan angka.
Penelitian dilanjutkan dengan mengumpulkan data dengan melakukan
penyebaran kuesioner. Kuesioner disusun berdasarkan indikator yang didapatkan dari
penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Indikator tersebut dijadikan pertanyaan pada
kuesioner. Populasi yang dituju pada penelitian ini adalah orang yang telah mengonsumsi
atau melihat produk X dan berdomisili di Bandung atau kabupaten sekitar.
Didapatkan jumlah responden sesuai batas yang telah ditentukan dan dilakukan
pengolahan data lebih lanjut dengan melakukan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik,
dan uji hipotesis. Didapatkan hasil bahwa variabel produk dan variabel promosi memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Model yang digunakan pada
penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 64,7% terhadap keputusan pembelian.