Abstract:
Data pendapatan bersih Restoran Eito Curry Gading Serpong pada bulan Januari
hingga bulan Desember tahun 2021 menunjukkan trendline menurun. Berdasarkan
wawancara awal yang dilakukan terhadap 30 responden, sebanyak 20 responden tidak
ingin kembali mengunjungi dan melakukan pembelian pada Restoran Eito Curry Gading
Serpong. Sejauh ini, pihak Restoran Eito Curry Gading Serpong telah melakukan beberapa
upaya perbaikan tetapi pemilik Restoran tidak mengetahui faktor apa saja yang
berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan sehingga dilakukan penelitian
agar pemilik mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh signifikan terhadap niat beli
ulang pelanggan pada Restoran Eito Curry Gading Serpong.
Terdapat 5 variabel yang digunakan dalam model penelitian antara lain varian
menu, harga, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan dimana variabel tersebut
didapatkan berdasarkan literatur penelitian serupa yang telah dilakukan sebelumnya.
Selanjutnya dilakukan pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan penyusunan kuesioner
dengan jumlah sampel minimum sebanyak 100 sampel. Selanjutnya, kuesioner disebarkan
kepada pelanggan yang pernah mengunjungi dan melakukan pembelian di Restoran Eito
Curry Gading Serpong dan didapatkan sebanyak 116 sampel yang kemudian akan diolah
menggunakan metode PLS-SEM. Pengolahan data dilakukan dengan dua tahapan yaitu
pengujian model pengukuran dan pengujian model struktural yang dilakukan
menggunakan aplikasi SmartPLS.
Dari hasil pengolahan data, terdapat sebanyak 28 indikator yang terdiri dari 5
variabel, kemudian terdapat 14 indikator yang dihilangkan dengan tujuan agar model
penelitian reliabel dan valid. Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel yang
berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang pelanggan di Restoran Eito Curry Gading
Serpong antar lain varian menu, kualitas pelayanan, dan kualitas makanan dengan nilai
coefficient of determination (R2) sebesar 0,607. Selanjutnya dilakukan penentuan prioritas
untuk memberikan usulan perbaikan dengan menggunakan metode Importance
Performance Matrix Analysis (IPMA). Terdapat 8 usulan perbaikan yang diusulkan kepada
pihak Restoran EIto Curry Gading Serpong dimana dari 8 usulan perbaikan tersebut
sebanyak 7 usulan perbaikan diterima dan 1 usulan perbaikan dipertimbangkan dengan
usulan utama yang akan dilaksanakan yaitu penempatan dan pengaturan bahan makanan
serta memperbanyak pilihan makanan dan minuman.