Usulan perbaikan Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan evaluasi bauran promosi Cobalt

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tesavrita, Ceicalia
dc.contributor.advisor Lopez, Victorianus Mahendra da
dc.contributor.author Rafael, Melvin
dc.date.accessioned 2024-03-13T08:06:11Z
dc.date.available 2024-03-13T08:06:11Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44423
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16970
dc.description 6213 - FTI en_US
dc.description.abstract Menurut Bambang Soesatyo, industri modifikasi otomotif di Indonesia akan meningkat, 80 persen anak muda akan lebih memilih kendaraan yang tidak standar dan memiliki minat tinggi untuk memodifikasi kendaraan, terlebih pada 2045 jumlah penduduk Indonesia akan bertambah dari 270 juta menjadi 380 juta, dengan 70 persen diantaranya didominasi usia produktif sehingga bisa menjadi ceruk pasar yang cukup besar untuk industri otomotif. Berdasarkan hal tersebut, hal ini berbanding terbalik dengan kondisi Cobalt yang merupakan pelaku yang bergerak di produksi dan penjualan aksesoris dudukan plat nomor namun belum mencapai target penjualannya yang diduga perlu perbaikan dari strategi promosi dalam bersaing dengan banyaknya kompetitor. Berdasarkan hasil wawancara saat pengidentifikasian masalah, Cobalt kurang dalam pemberian informasi seperti aktivitas promosi. Maka penelitian yang dilakukan bertujuan untuk pemberian usulan bauran promosi yang berdasarkan pada hasil segmenting, targeting, dan positioning yang sesuai. Pada penelitian ini, dilakukan pengumpulan data untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian aksesoris motor. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 162 responden. Data tersebut digunakan untuk clustering dengan metode K-means clustering dan mendapatkan 5 buah segmen dan dipilih 3 segmen sebagai target pasar dengan positioning statement yang tepat yaitu brand yang menyediakan produk variasi dudukan plat nomor dengan jaminan kualitas dan pelayanan purna jual yang baik di Indonesia. Berdasarkan hasil STP, dibuat usulan bauran promosi berdasarkan variabel advertising, sales promotion, personal selling, public relations, dan direct and digital marketing yang telah disetujui oleh pemilik Cobalt. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan evaluasi bauran promosi Cobalt en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401128001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account