Usulan perbaikan mutu layanan Kafe X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nainggolan, Marihot
dc.contributor.author Patrick, Yohanes
dc.date.accessioned 2024-03-13T07:42:51Z
dc.date.available 2024-03-13T07:42:51Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44422
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16969
dc.description 6212 - FTI en_US
dc.description.abstract Menurut data ICO 2021, jumlah permintaan kopi meningkat setiap tahunnya selama 7 tahun terakhir hingga 2021. Berdasarkan data tersebut, akan sangat menguntungkan jika orang membuka usaha dibidang kopi karena permintaan akan terus meningkat, dimana salah satunya adalah kafe. Kafe X merupakan salah 1 jenis kafe yang terletak di daerah Bandung, dimana kondisi kafe X saat ini adalah penjualan yang menurun secara drastis yang disebabkan oleh covid. Akan tetapi, menurut hasil wawancara, hal yang menyebabkan turunnya penjualan selain covid adalah mutu layanan yang dinilai buruk oleh pelanggan. Berdasarkan pengidentifikasi masalah, diperlukan perbaikan mutu layanan kafe X untuk meningkatkan penjualan. Dalam memperbaiki mutu layanan kafe X, terdapat 2 metode pengolahan data yang digunakan adalah metode Dineserv, dan CIT untuk pencarian atribut mutu layanan yang akan digunakan untuk menilai mutu layanan kafe X, dan metode IPA (Importances Peformances Analysis), dimana metode tersebut berfungsi untuk memperbaiki mutu layanan kafe X berdasarkan kepentingan. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengukur mutu layanan kafe X terlebih dahulu, dimana untuk atribut yang digunakan adalah dengan menambah atribut-atribut pengukuran mutu layanan pada Dineserv menggunakan metode wawancara CIT. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan atribut tersebut dengan mutu layanan yang ada pada kafe X. Didapatkan sebanyak 32 atribut yang akan digunakan untuk mengukur nilai mutu layanan kafe X. Berdasarkan nilai peformansi yang diperoleh, kondisi mutu layanan kafe X saat ini masih belum dapat memenuhi harapan pelanggan. Berdasarkan metode IPA, didapatkan sebanyak 7 atribut penilaian perlu segera diperbaiki untuk meningkatkan mutu layanan kafe X. Telah dihasilkan 7 usulan perbaikan untuk memperbaiki mutu layanan kafe X, dimana 7 usulan tesebut perlu segera di implementasikan untuk meningkatkan mutu layanan kafe X guna meningkatkan penjualan kafe X. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan mutu layanan Kafe X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801100
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412107501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account