Usulan perbaikan pada Greek Perfume berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli secara daring

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Gunawan, Clarissa
dc.date.accessioned 2024-03-02T04:24:03Z
dc.date.available 2024-03-02T04:24:03Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44407
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16948
dc.description 6197 - FTI en_US
dc.description.abstract Greek Perfume merupakan salah satu toko online yang menjual produk parfum dan memasarkan produknya melalui Instagram, Shopee, dan Tokopedia. Selama sembilan bulan beroperasi, toko mengalami penurunan penjualan dan tidak mencapai target yang ditetapkan oleh pemilik toko. Padahal, pemilik telah melakukan berbagai upaya pemasaran. Hasil wawancara menyatakan bahwa hanya 20% yang tertarik untuk membeli produk Greek Perfume. Maka dari itu, perlu mencari tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi niat beli parfum secara daring dan dilakukan perbaikan terhadap toko. Berdasarkan wawancara, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi niat beli parfum secara daring. Penentuan variabel dan indikator pada penelitian ini didasari oleh penelitian terdahulu dengan mempertimbangkan hasil wawancara dengan responden. Variabel pada model penelitian mencangkup social commerce constructs, perceived price, product packaging design, sales promotion, dan social media marketing yang dihipotesiskan mempengaruhi variabel niat beli. Pada model juga melibatkan variabel mediasi trust dan brand awareness yang memediasi social commerce construct dan social media marketing dengan niat beli. Penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online menghasilkan 179 data untuk dapat dilakukan pengolahan. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan pendekatan two-stage approach dan menggunakan bantuan software SmartPLS. Hasil evaluasi model pengukuran menunjukkan bahwa indikator pengukuran reliabel dan valid. Evaluasi model struktural menunjukkan bahwa variabel perceived price, sales promotion, brand awareness dan social media marketing berpengaruh secara positif terhadap niat beli. Analisis prioritas perbaikan dilakukan dengan menggunakan Importance-Performance Map Analysis (IPMA). Terdapat total 17 buah usulan perbaikan yang telah diberikan. Setelah dilakukan evaluasi, terdapat 16 usulan yang diterima dan 1 yang dipertimbangkan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pada Greek Perfume berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli secara daring en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801081
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account