Abstract:
Toko X merupakan usaha toko kue yang berdiri sejak 2020 di Kota Cirebon yang
bergerak secara online. Terdapat berbagai macam produk yang ditawarkan oleh Toko X
seperti cupcake, letter pie, bolu jadul, dan korean custom cake. Berdasarkan data historis
penjualan diketahui adanya penjualan yang berfluktuatif serta pendapatan yang kurang
dari target yang ditetapkan pada tahun 2021. Hal ini terjadi diduga karena usaha Toko X
yang masih baru serta banyaknya kompetitor yang ada membuat Toko X kalah bersaing.
Selain itu, Toko X belum menentukan secara jelas mengenai target pasar yang ingin
dituju. Oleh karena itu, Toko X memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk
meningkatkan pendapatan. Pada tahap awal penelitian dilakukan identifikasi variabel
yang mempengaruhi konsumen dalam membeli produk cake. Terdapat 3 variabel
demografis, 5 variabel perilaku, dan 11 variabel psikografis yang digunakan untuk
pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk
mengetahui segmentasi pasar, target pasar, dan posisi usaha saat ini terhadap pasar.
Pada segmentasi pasar dilakukan analisis cluster untuk menentukan jumlah cluster yang
terbentuk, didapatkan 4 cluster yang terbentuk. Kemudian dalam menentukan target
pasar dilakukan analisis SWOT dan analisis pesaing, didapatkan segmen 3 sebagai
target pasar yang dituju yang merupakan tipe konsumen yang memperhatikan banyak
hal dalam melakukan pembelian cake. Positioning Toko X adalah “Menjual Korean
Custom Cake tanpa PO”. Berdasarkan hasil pengolahan data, diusulkan 21 usulan
strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yang terdiri dari
2 usulan product, 3 usulan price, 9 usulan promotion, 2 usulan place, 1 usulan process, 2
usulan people, dan 2 usulan physical evidence. Beberapa usulan tersebut adalah usulan
mengadakan menu hampers pada hari raya, menerapkan psychological pricing pada
harga produk, menerapkan loyalty membership point, melakukan branded entertainment,
menambahkan platform yang digunakan, membuat SOP, dsb