Abstract:
Food waste adalah sebuah permasalahan yang dihadapi semua orang,
dimana terdapat 931 miliyar ton makanan yang dibuang setiap tahunnya. Hal
tersebut tentu menyedihkan, mengingat bahwa masih terdapat 700 juta orang di
dunia yang mengalami kelaparan sehingga berdampak kepada munculnya
penyakit seperti malnutrisi hingga kematian. Di Indonesia, orang membuang
sekitar 23-48 juta ton makanan setiap tahunnya yang merugikan negara sekitar Rp
213-551 trillun rupiah. Hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan dan ketidakpedulian
masyarakat Indonesia mengenai masalah ini. Walaupun terdapat banyak solusi
yang sedang dijalankan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, hanya
sedikit solusi yang diimplementasikan di Indonesia namun sayangnya solusi belum
cukup efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat
membantu mengedukasi masyarakat mengenai permasalahan food waste yang
ada di Indonesia dan bagaimana caranya untuk menghindarinya. Aplikasi tersebut
di desain menggunakan metode interaction design lifecycle. Proses tersebut
menghasilkan sebuah aplikasi bernama FOWASA dimana pengguna dapat
mempelajari mengenai food waste dan menerapkan langkah untuk mengurangi
food waste. Aplikasi ini terbukti membawa dampak positif terhadap pengetahuan
masyarakat Indonesia mengenai pengetahuan terhadap food waste, dimana
sebuah tes dilakukan untuk menguji pengetahuan mengenai food waste.
Menggunakan uji T, ditemukan bahwa 𝑇0 = 6.76, lebih besar dibanding 𝑡0.025,29 =
2.045, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi meningkatkan pengetahuan
pengguna mengenai permasalahan food waste. Hal tersebut berdampak terhadap
antusias masyarakat dimana mereka ingin menggunakan aplikasi kembali
dikarenakan aplikasi edukatif dan mudah untuk digunakan.