Abstract:
Meningkatnya popularitas metode pembayaran Buy Now Pay Later (BNPL)
di Indonesia berdampak pada peningkatan kebutuhan usaha–usaha untuk dapat
menerima pembayaran dari metode pembayaran BNPL juga. PT. X sebagai payment
aggregator yang jasa utamanya adalah membuat suatu usaha dapat menerima
berbagai metode pembayaran dengan satu kali integrasi juga terdorong untuk
menyediakan layanan BNPL. Hal tersebut dikarenakan adanya dorongan dari usaha
dan calon usaha yang menggunakan jasa PT. X. Namun, saat ini PT. X sendiri belum
menyediakan satupun metode pembayaran BNPL. Berdasarkan wawancara yang
telah dilakukan, secara keseluruhan, metode pembayaran BNPL dari Akulaku adalah
yang paling diinginkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, akan dilakukan
perancangan user interface untuk pembayaran menggunakan metode pembayaran
BNPL dari Akulaku pada checkout page dari PT. X.
Perancangan user interface akan dilakukan menggunakan metode
participatory design. Langkah pertama adalah identifikasi kebutuhan melalui
wawancara terhadap 18 responden yang sudah pernah menggunakan metode
pembayaran BNPL. Berdasarkan wawancara, diperoleh 10 kebutuhan yang dapat
terakomodasi dan dikategorikan menjadi dua yaitu informasi tambahan seperti total
biaya dan fitur baru seperti pengajuan limit kredit. Kemudian akan dirancang 3 desain
alternatif yang nantinya akan dinilai menggunakan metode concept scoring dan
diperoleh desain terbaik yaitu desain ketiga yang akan dibentuk menjadi prototipe.
Setelah prototipe terbentuk, akan dilakukan evaluasi. Evaluasi akan menggunakan
metode usability testing. Effectiveness akan diukur dengan melihat jumlah error pada
setiap task, Efficiency akan melihat waktu penyelesaian dari setiap task, dan overall
usability akan dilihat dengan menggunakan metode System Usability Scale.
Hasil evaluasi usability testing didapatkan dimana Effectiveness sebesar
82,14% yang berarti acceptable, Efficiency sebesar 64,29% yang berarti not
acceptable, dan overall usability dengan nilai sebesar 80 yang berarti acceptable.
Melihat hasil wawancara seusai responden menggunakan prototipe, ditemukan 2
usability problem pada task ke-5 dan ke-6. Usability problem tersebut kemudian
diselesaikan dengan melakukan perubahan pada layout dan bentuk dari beberapa
button terkait dengan task ke-5 dan ke-6. Perubahan dilakukan kepada button promo
dan button pengajuan limit kredit dengan merubah bentuk button menjadi lebih pipih
seperti button lainnya, perubahan warna juga dilakukan menjadi warna merah seperti
buttoni lainnya, dan perubahan akan letak dari button tersebut.