Abstract:
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi.
Menurut data dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, sektor industri
tekstil dan pakaian mengalami pertumbuhan sebesar 15,08% pada tahun 2019.
Begitu pula dengan yang dirasakan oleh pemilik toko pakaian online X.
Berdasarkan data penjualan toko pakaian online X pada tahun 2020 dan 2021,
tingkat konversi toko hanya berkisar pada angka 1%. Maka dapat diketahui minat
beli pada toko pakaian online X masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan
responden dan studi literatur, didapatkan beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi minat beli toko pakaian online X.
Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan variabel yang
mempengaruhi minat beli. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, kualitas informasi, dan
kompetensi bisnis. Setelah itu, penyusunan dan penyebaran kuesioner dilakukan
kepada orang-orang yang pernah mengunjungi toko online X. Selanjutya data
tersebut di uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan dengan pengujian asumsi
klasik dan pengolahan dengan metode regresi linear berganda untuk mengetahui
hubungan antara variabel independen dengan variabel minat beli.
Berdasarkan hasil pengolahan menggunakan regresi linear berganda,
dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, harga, promosi, dan kompetensi
bisnis memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil
tersebut, disusun 11 usulan perbaikan yang telah disepakati dengan pemilik.