Usulan bauran pemasaran pada bisnis gambar vektor menggunakan metode Perceptual Choice Experiment

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Christie, Lovita
dc.date.accessioned 2024-02-28T04:34:56Z
dc.date.available 2024-02-28T04:34:56Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44389
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16935
dc.description 6179 - FTI en_US
dc.description.abstract Gambarin.ce merupakan bisnis gambar vektor yang berdiri sejak tahun 2020. Menurut konsumennya, gambar vektor diasosiasikan sebagai alternatif hadiah. Pada satu tahun belakangan, diakui oleh pemilik bisnis bahwa penjualan gambar vektor menjadi stagnan. Hal ini diduga karena pemilik belum mengetahui target pasarnya dan positioning bisnisnya. Maka perlu dilakukan riset pasar untuk mengidentifikasi positioning dan merancang bauran pemasaran yang sesuai dengan preferensi konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk melakukan riset pasar adalah Choice Based Conjoint (CBC). Metode CBC dipilih karena dapat merepresentasikan kondisi pasar yang sesungguhnya. Clustering atau segmentasi ditentukan menggunakan Latent Class Analysis (LCA). Penentuan positioning dilakukan dengan metode Perceptual Choice Experiment (PCE). Metode PCE merupakan perpanjangan dari metode CBC yang bertujuan mengetahui dimensi perseptual dari alasan konsumen terhadap konsep produk yang diminati. Tujuh atribut yang mempengaruhi konsumen dalam memilih gambar vektor sebagai hadiah yaitu, merek, karakteristik produk, harga, rating, ulasan, pelayanan, dan waktu pengerjaan. Hasil segmentasi membagi konsumen Gambarin.ce menjadi tiga segmen yaitu, “Perfectionist Buyer”, “Brand Addict”, dan “Full Package Buyer”. Segmen “Full Package Buyer” dipilih sebagai target pasar tunggal atas pertimbangan segment attractiveness. Usulan kombinasi level atribut adalah dengan menambah varian karakteristik produk, mengubah harga, dan mempercepat waktu pengerjaan. Usulan positioning statement berupa “Hadiah ilustrasi unik, long lasting, dan gak bikin kantong bolong”. Usulan strategi pemasaran diberikan dengan bauran pemasaran digital 7P. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran pada bisnis gambar vektor menggunakan metode Perceptual Choice Experiment en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801056
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account