Abstract:
Laju perkembangan teknologi saat ini sudah tidak dapat dihindari lagi.
Penggunaan internet kemudian menjadi pelopor yang paling mendukung penggunaan
teknologi saat ini. Salah satu industri yang didukung oleh penggunaan teknologi internet
yaitu industri makanan. Contoh industri makanan dengan penggunaan tekonologi internet
yaitu forum komunitas online Foodierate. Foodierate belum dapat dikategorikan sebagai
forum komunitas yang aktif dan menjadi sebuah media untuk dilakukannya kegiatan
berbagi pengetahuan. Jumlah pengguna Foodierate masih terbilang rendah dan didukung
oleh hasil wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa seseorang akan terus
mengakses forum komunitas online jika didalamnya terdapat banyak informasi yang
dibutuhkan. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian terkait faktor apa saja yang
mendukung seseorang untuk berbagi pengetahuan pada forum komuntias online.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software
SmartPLS (v. 3.2.9). Terdapat 5 variabel konstruk, yaitu reciprocity, reward, perceive ease
of use, perceive usefulness, dan usage behaviour. Penelitian dilakukan dari evaluasi model
pengukuran dan dilanjutkan evaluasi model struktural. Hasil yang didapatkan yaitu
menunjukkan variabel yang mempengaruhi langsung secara signifikan yaitu perceive ease
of use dan variabel yang mempengaruhi tidak langsung secara signifikan yaitu reciprocity
dan perceive ease of use. Usulan perbaikan yang dapat diberikan yaitu terkait variabel
reciprocity. Usulan ini dapat terkait dengan kegiatan timbal balik. Dari wawancara
didapatkan terdapat usulan terkait penambahan fitur saling berbalas pada ulasan dan juga
tambahan fitur suggest pada menu saat memberikan ulasan. Selain usulan terkait
reciprocity, terdapat juga usulan terkait desain tampilan dari Foodierate.