Abstract:
Toko Victory Accessories merupakan salah satu toko aksesori gadget yang
berdiri sejak tahun 2017 di Cikupa, Tangerang. Data penjualan pada Toko Victory
Accessories pada 1 tahun terakhir ini menunjukan tidaknya tercapai target penjualan
yang telah ditentukan pemilik toko dan cenderung mengalami penurunan penjualan.
Salah satu penyebab penurunan penjualan adalah rendahnya niat pembelian ulang oleh
konsumen. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi niat beli ulang di Toko Victory Accessories agar dapat memberikan
usulan perbaikan untuk meningkatkan niat beli ulang.
Penelitian diawali dengan menentukan variabel dan atribut berdasarkan
penelitian serupa sebelumnya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitas pelayanan, kelengkapan produk, harga, promosi, suasana toko, lokasi, kepuasan
pelanggan, dan niat beli ulang. Dari variabel tersebut akan dilakukan pengumpulan data
dengan kuesioner dan wawancara kepada responden. Didapatkan 152 data yang
terkumpul akan diolah dengan metode PLS SEM dengan bantuan aplikasi Smart PLS.
Hasil pengolahan data menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga,
suasana toko, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan
kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Berdasarkan hasil
analisis didapatkan terdapat 8 usulan perbaikan untuk Toko Victory Accessories.