Abstract:
PT. Dilamo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang
frozen food dimana peternakan, pengolahan, sampai menjual produk dilakukan
oleh PT. Dilamo. Perusahaan ini berlokasi di Bandung, Jawa barat. PT. Dilamo
saat ini mengalami kendala dalam rendahnya penjualan B2C bagian online yang
dimana saat ini sementara permintaan pasar besar. Berdasarkan hasil
wawancara kepada perusahaan, penyebab rendahnya penjualan online adalah
penerapan strategi pemasaran yang kurang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk
mengajukan usulan terhadap strategi pemasaran yang dapat digunakan PT.
Dilamo untuk meningkatkan penjualan dan pertumbuhan penjualan online.
Setelah dilakukan identifikasi perusahaan saat ini dilanjutkan dengan
analisis situasi 5C untuk menjabarkan beberapa aspek kondisi yang sedang
dialami oleh PT. Dilamo. Dalam analisis situasi 5C digunakan beberapa alat
analisis lain yaitu Customer Path 5A dan analisis PEST. Setelah diketahui
bagaimana situasi yang sedang dialami oleh PT. Dilamo, dicari faktor internal
dan eksternal yang relevan menggunakan analisis SWOT. Faktor-faktor tersebut
lalu menjadi landasan usulan strategi pemasaran yang dikemas dalam bentuk
marketing mix 4C.
Hasil rancangan usulan strategi pemasaran yang didapatkan berupa 6
poin perbaikan terhadap aspek-aspek marketing mix 4C yaitu customer solution,
customer cost, convenience, dan communication. Usulan ini sudah diadaptasi
berdasarakan hasil analisis SWOT yang relevan untuk dilakukan selama sesuai
dengan situasi analisis 5C.