Abstract:
Toko Olahraga X merupakan sebuah toko yang menjual peralatan olahraga yang berada
di Desa Bojong Kulur, Kabupaten Bogor sejak tahun 2010. Toko Olahraga X hanya
melakukan penjualan melalui toko fisik. Permasalahan yang terjadi pada Toko Olahraga X
yaitu terjadi penurunan pendapatan yang terjadi dari tahun 2015-2019. Melalui wawancara dengan pemilik Toko Olahraga X diketahui bahwa permasalahan pada Toko Olahraga X terjadi karena pihak toko belum pernah sekalipun melakukan kegiatan pemasaran, pihak toko juga belum menentukan target pasar yang jelas dan pada beberapa tahun terakhir bermunculan beberapa pesaing dengan bidang usaha yang hampir sama. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh Toko Olahraga X perlu dilakukan peracangan usulan strategi pemasaran. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan usulan strategi pemasaran yang tepat yaitu dengan menidentifikasi keaadan toko saat ini
menggunakan analisis 7P kemudian berdasarkan keadaan toko saat ini ditentukan juga
STP dari Toko Olahraga X. Kemudian setelah itu dilakukan identifikasi faktor internal dan
eskternal dari Toko Olahraga X menggunakan analisis PEST dan analisis SWOT.Berdasarkan hasil STP yang dilakukan ditentukan bahwa konsumen dari Toko
Olahraga X terbagi menjadi dua segmen yaitu segmen pasar menengah keatas dan
segmen pasar menengah kebawah. Dari segmen tersebut ditentukan bahwa target pasar
utama dari Toko Olahraga X adalah pasar menengah keatas. Hasil dari penelitian ini maka didapatkan 2 usulan strategi pemasaran untuk Toko Olahraga X yaitu mengembangkan usaha ke ranah online dan menambah SDM untuk melakukan promosi dan mengurus online shop.