Usulan pemilihan supplier produk vanilla pada PT. Prima Panema Arta dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.advisor Fransiscus, Hanky
dc.contributor.author Hendrich, Stefanus
dc.date.accessioned 2024-01-23T02:50:10Z
dc.date.available 2024-01-23T02:50:10Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43970
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16834
dc.description 6142 - FTI en_US
dc.description.abstract PT Prima Panema Arta merupakan perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang distribusi rempah produk vanilla. Dalam proses penelitian, PT Prima Panema Arta mengalami penurunan performansi dikarenakan salah satu supplier yang sering digunakan saat ini yaitu supplier A selalu memberikan kualitas produk yang kurang sesuai dengan spesifikasi permintaan. Sehingga pihak perusahaan perlu mengajukan garansi terhadap produk yang kurang sesuai untuk diganti dengan produk yang baru. Proses garansi ini membutuhkan waktu 2-3 hari untuk mengganti produk yang tidak sesuai dengan produk yang baru. Hal ini mengakibatkan penilaian buruk dari konsumen terhadap perusahaan karena tidak dapat mengirimkan produk tepat waktu. Maka dari itu, Perusahaan perlu untuk melakukan penilaian kembali terhadap alternatif supplier yaitu supplier A, B, C, dan D. Tujuan dilakukan penilaian kembali adalah untuk menentukan supplier yang tepat agar dapat meningkatkan performansi perusahaan. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan, terdapat 4 kriteria dan 12 subkriteria. Selanjutnya dilakukan penentuan metode pemilihan supplier. Penentuan metode tersebut didasarkan terdapat hubungan antar kriteria dengan kriteria lainnya. Metode yang digunakan untuk melakukan pemilihan supplier yaitu dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). Metode Analytic Network Process (ANP) ini dapat menyelesaikan suatu permasalahan secara jaringan dan dapat menerima pengaruh dari interaksi dari elemen-elemen lainnya. Untuk mengetahui prioritas supplier yang tepat, dilakukan penilaian kuesioner terhadap pengambil keputusan secara konsisten. Hasil dari penilaian supplier ini diolah menggunakan bantuan software Super Decision untuk menghitung skor kriteria dan alternatif. Hasil pengolahan data tersebut diperoleh bahwa prioritas supplier terbaik adalah Supplier C dengan bobot 0.52979, Supplier D dengan bobot 0.21148, Supplier B dengan 0.17125, dan Supplier A dengan bobot 0.08748. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject PEMILIHAN SUPPLIER en_US
dc.subject VANILLA en_US
dc.subject ANP en_US
dc.title Usulan pemilihan supplier produk vanilla pada PT. Prima Panema Arta dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610092
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404078703
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401058802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account