Implementasi Program Corporate Social Responsibility oleh The Coca-cola Company dalam bantuan dan rekonstruksi pasca bencana Super Typhoon Yolanda di Filipina

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pakpahan, Aknolt Kristian
dc.contributor.author Wijaya, Timothy Ariel
dc.date.accessioned 2023-11-20T01:45:32Z
dc.date.available 2023-11-20T01:45:32Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33985
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16569
dc.description 7780 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh salah satu Perusahaan Multi Nasional (PMN) terbesar di dunia yaitu The Coca-Cola Company. Lewat CSR perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan suka rela dan bentuk tanggung jawab sosial lainnya sebagai bentuk keperduliannya kepada masyarakat. Sehingga, penelitian ini mengambil pertanyaan penelitian sebagai berikut "Bagaimana lmplementasi Program Corporate Social Responsibility Oleh The Coca-Cola Company dalam Bantuan dan Rekonstruksi Pasca Bencana Super Typhoon Yolanda di Filipina." Dalam menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis menggunakan disiplin ekonomi politik internasional (EPI), teori pluralisme, dan dua buah konsep yaitu konsep Perusahaan Multi Nasional (PMN) dan Corporate Social Responsibility. Pertama yaitu disiplin EPI dan teori pluralisme digunakan untuk menjelaskan kemunculan serta peningkatan peran dari aktor non-negara serta kontribusinya dalam permasalahan global. Kedua, konsep PMN menjelaskan tendensi PMN untuk terus mengembangkan bisnisnya diluar batas negara yang juga diiringi dengan dampak negatif akibat eksploitasi yang dilakukan dalam operasionalnya. Kemudian, konsep Corporate Social Responsibility alat bagi PMN dalam melaksanakan tanggung jawabnya dengan melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada penelitian ini, penulis menemukan implementasi program CSR oleh TCCC dalam bantuan dan rekonstruksi pasca-bencana Super Typhoon Yolanda yang dilakukan sejak akhir tahun 2013. Dalam CSR yang diterapkan TCCC pada pasca bencana di Filipina, terdapat beberapa program yaitu donasi persediaan air bersih, Water, Sanitation, and Hygiene (WASH), Rebuild Philippines (RebuildPH), dan Sari-Sari Store and Access to Resources (STAR) . Program-program tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mendesak pasca bencana; memberikan edukasi kepada masyarakat tentang metode penyaringan air dan pembangunan instalasi air; melakukan kampanye dan penggalangan dana untuk pembangunan kembali 30,000 rumah warga dan distribusi 30,000 alat reparasi perumahan; serta membantu proses pemulihan ekonomi dan mata pencaharian masyarakat melalui pelatihan dan pembinaan bisnis, dan membangun Iebih banyak Sari-Sari Store untuk memaksimalkan usaha pembangunan kembali sektor ekonomi dan mata pencaharian masyarakat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.title Implementasi Program Corporate Social Responsibility oleh The Coca-cola Company dalam bantuan dan rekonstruksi pasca bencana Super Typhoon Yolanda di Filipina en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012330125
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421047502
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account