Pengaruh Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor terhadap kinerja simpang di persimpangan bersinyal

Show simple item record

dc.contributor.advisor Joewono, Tri Basuki
dc.contributor.author Pareira, Yohanes Paulus Yovin Andyco
dc.date.accessioned 2023-10-27T07:34:06Z
dc.date.available 2023-10-27T07:34:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43914
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16487
dc.description 6915 - FTS en_US
dc.description.abstract Sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling banyak menyebabkan kemacetan yang terjadi di jalanan Kota Bandung. Kemacetan tersebut disebabkan oleh pergerakan yang tidak beraturan oleh pengendara sepeda motor saat memasuki simpang bersinyal. Pergerakan tersebut menyebabkan penumpukan kendaraan di persimpangan bersinyal serta menurunkan kinerja simpang. Untuk mengurangi permasalahan yang terjadi di persimpangan bersinyal, maka digunakanlah Ruang Henti Khusus (RHK) untuk sepeda motor. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Ruang Henti Khusus (RHK) terhadap kinerja simpang bersinyal dan pengaruh perubahan lebar lajur dan waktu hijau terhadap kinerja simpang bersinyal. Metode pengumpulan dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Pedoman Perancangan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal di Kawasan Perkotaan dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Pemodelan dan analisis menggunakan program lunak PTV Vissim 2022. Hasil analisis menunjukkan bahwa RHK berpengaruh positif terhadap kinerja simpang bersinyal terutama terhadap panjang antrian dan waktu tundaan. Perubahan lebar lajur dan perubahan waktu hijau secara bersama berpengaruh positif terhadap kinerja simpang. Penambahan lebar lajur sebesar 0.8 meter memberikan pengaruh paling efektif untuk meningkatkan kinerja simpang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject KINERJA SIMPANG BERSINYAL, PANJANG ANTRIAN, PROGRAM LUNAK VISSIM, RUANG HENTI KHUSUS, WAKTU TUNDAAN en_US
dc.title Pengaruh Ruang Henti Khusus (RHK) sepeda motor terhadap kinerja simpang di persimpangan bersinyal en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6101801201
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428035801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account