dc.description.abstract |
Digitalisasi yang semakin marak menyebabkan banyak perubahan yang terjadi dari
konvensional menjadi digital, salah satunya seperti banyaknya e-commerce bermunculan. Pelanggan dapat memesan produk yang diinginkan secara online dan produk tersebut akan diantarkan langsung ke alamat yang diinginkan. Salah satu perusahaan ritel ternama di Indonesia yaitu Indomaret juga turut membuat aplikasi ritel online bernama Klik Indomaret. Klik Indomaret hadir dalam rangka untuk memudahkan pelanggan Indomaret yang terkendala untuk membeli barang secara langsung, tetapi seiring waktu terlihat bahwa pengguna dari Klik Indomaret tidak begitu banyak. Berdasarkan preliminary research yang dilakukan oleh penulis, ditemukan permasalahan pada sales promotion dan ketersediaan produk yang pada akhirnya mempengaruhi niat pakai ulang Klik Indomaret. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan ketersediaan produk terhadap niat pakai ulang Klik Indomaret. Pada penelitian ini, menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah orang yang pernah menggunakan Klik Indomaret. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan rumus Rao Purba dengan hasil yang dibulatkan menjadi 100 orang responden. Penelitian ini terdiri dari, Sales Promotion dan Ketersediaan Produk menjadi variabel independent dan Niat Pakai Ulang menjadi variabel dependen. Hipotesis dari penelitian ini diuji menggunakan Uji F, Uji T, dan Koefisien Determinasi adjusted 𝑅2. Hasil dari uji yang dilakukan menghasilkan Sales Promotion berpengaruh positif terhadap
Niat Pakai Ulang, Ketersediaan Produk berpengaruh positif terhadap Niat Pakai Ulang, dan Sales Promotion dan Ketersediaan Produk secara simultan berpengaruh positif terhadap Niat Pakai Ulang Klik Indomaret. |
en_US |