dc.description.abstract |
Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan bisnis online beberapa tahun
terakhir mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga bisnis online menjadi
salah satu hal yang sangat diminati saat ini. Dengan hadirnya e-commerce yang
telah popular di kalangan masyarakat ini, menjadi sebuah tren dalam mengembangkan bisnis online. Malvariota adalah salah satu local brand asal bandung yang dikenal melalui media sosial Instagram dan e-commerce. Malvariota didirikan pada tahun 2021 dan memulai bisnisnya dengan berjualan outer. Malvariota mengkreasikan hijab segi empat menjadi sebuah outer. Malvariota kemudian berinovasi dengan mengeluarkan produk celana, rok dan kemeja dengan model yang unik. Dengan cara ini Malvariota lebih mudah mendapatkan konsumen secara lebih luas dan efisien. Tteapi peminat dari outer scarf Malvariota mengalami penurunan. Hal ini disebabkan maraknya pesaing dari Malvariota yang menjual outer scarf dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan produk inovasi dari Malvariota lainnya seperti rok, kemeja, dan celana pun tetap tidak memberikan peningkatan pembelian sehingga pencapaian target di tiap bulan-nya menjadi tidak tercapai karena adanya penurunan penjualan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara promosi dan harga terhadap niat beli konsumen. Dalam penelitian ini terdapat Variabel Independen (X) yaitu promosi dan harga. Variabel Dependen (Y) yaitu niat beli. Penelitian ini merupakan penelitian applied research. Menggunakan metode explanatory research dan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan mengambil responden sebanyak 100 orang dari yang mengetahui local brand Malvariota dan mengikuti Malvariota di Instagram. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS for MAC versi 26. Berdasarkan hasil dari analisis linear berganda ditemukan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk Malvariota. Kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 73,8% dan sisanya sebesar 26,2% dijelaskan oleh variabel lain yang belum dijelaskan dalam penelitian ini. |
en_US |