Abstract:
Tesis berjudul "Niat Pembelian Generasi Z Terhadap Produk Makanan Berbasis
Tumbuhan di Wilayah Jabodetabek" bertujuan untuk mengeksplorasi dan
memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian Generasi Z terhadap
produk makanan berbasis tumbuhan. Tujuan penelitian meliputi penyelidikan
hubungan antara kepedulian lingkungan Generasi Z, sikap terhadap produk
berbasis tumbuhan, norma subyektif, kendali perilaku yang dirasakan, dan
kemauan untuk membayar dengan niat pembelian mereka. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan teknik penelitian eksploratif dan deskriptif. Penelitian dilakukan di wilayah Jabodetabek dengan 100 responden. Hasil penelitian mengungkapkan secara khusus, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel dependen terhadap niat pembelian Generasi Z terhadap produk makanan berbasis tumbuhan. Selain itu, norma subyektif muncul sebagai faktor utama yang mempengaruhi niat pembelian Generasi Z terhadap produk makanan berbasis tumbuhan. Studi ini merekomendasikan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan lingkaran sosial Generasi Z untuk mendorong dan mendukung pembelian produk berbasis tumbuhan. Hasil temuan tesis ini memberikan wawasan berharga bagi produsen dan perusahaan produk makanan berbasis tumbuhan yang ingin memahami dan melayani preferensi dan nilai-nilai Generasi Z secara efektif. Dengan menyelaraskan strategi pemasaran dengan faktor-faktor yang diidentifikasi, produsen dapat memanfaatkan permintaan yang meningkat untuk pilihan makanan yang berkelanjutan dan lebih sehat di kalangan konsumen Generasi Z.