Analisis pengaruh promotion mix terhadap brand preference pada Big Cola dan Coca Cola

Show simple item record

dc.contributor.advisor skp44014
dc.contributor.author Husaeni, Radi
dc.date.accessioned 2023-10-20T04:10:13Z
dc.date.available 2023-10-20T04:10:13Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44014
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16403
dc.description 25075 - FE en_US
dc.description.abstract Persaingan pasar di Indonesia sangat kompetitif terutama pada sektor produk minuman bersoda, seperti brand Big Cola dan Coca-Cola. Coca-Cola sendiri merupakan produk minuman bersoda yang berasal dari Amerika yang masuk ke Indonesia pada tahun 1927 sedangkan Big Cola adalah minuman soda berasal dari Peru yang masuk ke Indonesia pada tahun 2010. Pada kemunculan Big Cola di Indonesia sempat membuat Coca-Cola “tergantikan” posisinya sebagai brand yang dikonsumsi oleh masyarakat. Akan tetapi, beberapa tahun terakhir ini Big Cola mengalami penurunan “popularitas” di masyarakat. Berdasarkan hasil preliminary research penulis mendapati 11 dari 12 responden menilai promosi dan iklan dari Big Cola masih kurang menarik dan jarang melihatnya dibandingkan dengan Coca- Cola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promotion mix terhadap brand preference Big Cola dan Coca-Cola. Selain itu juga penelitian ini untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen antara Big Cola dan Coca-Cola. Pada penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah dimensi promotion mix, yaitu advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3), public relation (X4), direct marketing (X5). Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah brand preference (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa melakukan wawancara, observasi, studi literatur, dan kuesioner yang berhasil didapatkan sebanyak 201 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji beda. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini bahwa dindikasikan variabel promotion mix (X) secara simultan berpengaruh terhadap brand preference (Y). Didapati berdasarkan hasil uji koefisien determinasi bahwa pada Big Cola pengaruh variabel promotion mix (X) terhadap brand preference (Y) sebesar 62 % sedangkan sisanya yaitu 38 % dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pada Coca-Cola didapati pengaruh variabel promotion mix (X) terhadap brand preference (Y) sebesar 58,9 % sedangkan sisanya yaitu 41,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Terdapat pula perbedaan persepsi konsumen yang signifikan pada promotion mix dan brand preference dari Big Cola dan Coca-Cola.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis pada promotion mix, didapati bahwa Coca-Cola lebih unggul dibandingkan Big Cola. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject promotion mix en_US
dc.subject brand preference en_US
dc.subject big Cola en_US
dc.subject coca-Cola. en_US
dc.title Analisis pengaruh promotion mix terhadap brand preference pada Big Cola dan Coca Cola en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901160
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account