Abstract:
Perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang meningkat dengan pesat
pada era digital seperti saat ini dapat menjadi salah satu alat yang digunakan oleh pemasar sebagai media komunikasi terhadap para calon konsumen. Hal tersebut seiring dengan peningkatan penggunaan social media yang tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakat urban pada saat ini. Salah satu platform social media yang digunakan saat ini untuk memasarkan produk yaitu advertising trueview-in stream Youtube ads yang ditayangkan ketika audience sedang menonton suatu video di Youtube. Maka dari itu, pemasar perlu terus melakukan inovasi untuk menciptakan strategi pemasaran melalui Youtube advertising sehingga dapat menarik perhatian calon konsumen dan tidak memilih opsi “skip ads” terhadap advertising yang akan ditayangkan. Karakteristik konten yang efektif dapat menciptakan consumer attitude berupa persepsi dari merek yang ditampilkan pada Youtube advertising. Selain itu, stimulus dari iklan juga dapat mempengaruhi audience untuk mengembangkan sikap dan persepsi terhadap brand yang ditayangkan pada Youtube advertising. Daya tarik terhadap sebuah advertising akan timbul di benak konsumen dan menciptakan adanya purchase intention. Untuk mengukur keberhasilan dari advertising pada social media, diperlukan pengukuran berdasarkan variabel consumer attitude dan purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo terhadap consumer attitude dan dampaknya pada purchase intention. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode explanatory research. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan model purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey kepada 100 responden berusia 18-35 tahun yang pernah mendapatkan advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo. Penelitian ini menggunakan pengujian dengan metode analisis Partial Least-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan program SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising trueview-in stream Youtube ads
Uniqlo dapat dikatakan memiliki persepsi yang positif dari audience, sehingga
menciptakan consumer attitude dan purchase intention yang cukup positif setelah
mendapatkan advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo. Selain itu, terdapat pengaruh positif secara signifikan pada advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo terhadap consumer attitude, advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo terhadap purchase intention, dan advertising trueview-in stream Youtube ads Uniqlo terhadap purchase intention melalui consumer attitude sebagai variabel mediasi. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi Uniqlo untuk dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan teknik pemasaran dari advertising yang ditampilkan pada Youtube ads.