Abstract:
Saat ini, persaingan pada sektor industri kosmetika dapat dikatakan cukup tinggi baik itu dari perusahaan dalam ataupun luar negeri. Maraknya persaingan tersebut
mengharuskan perusahaan unggul dalam bersaing. Keunggulan dalam persaingan
dapat dicapai melalui sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan dengan
memastikan kepuasan kerja karyawan terpenuhi. Berdasarkan penelitian pendahuluan,
didapatkan adanya penurunan kepuasan kerja karyawan, sehingga perusahaan
berupaya untuk mengembangkan program untuk meningkatkan engagement dari
karyawan itu sendiri yang salah satunya melalui program pelatihan.
Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pelatihan yang dilakukan pada PT Mandom Indonesia Tbk berdasarkan analisis dari perusahaan dan juga persepsi karyawan, kemudian mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan pada perusahaan, dan mengetahui pengaruh dari persepsi karyawan mengenai program pelatihan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Mandom Indonesia Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian applied research dengan metode
eskplanatori. Adapun responden yang dikumpulkan dalam penelitian ini berjumlah 68
karyawan PT Mandom Indonesia Tbk. Dalam pengolahan dan penganalisisan data,
digunakan teknik analisis deskriptif dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi karyawan mengenai program
pelatihan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan PT Mandom
Indonesia Tbk, dimana semakin tinggi persepsi karyawan mengenai program pelatihan
maka tingkat kepuasan kerja karyawan juga akan semakin meningkat. 35.9% varians
pada kepuasan kerja dapat dijelaskan melalui program pelatihan. Berdasarkan
pengolahan dan analisis data, didapati bahwa variabel program pelatihan (X)
menunjukkan nilai yang termasuk kedalam kategori positif dan kepuasan kerja (Y)
menunjukkan nilai yang termasuk kedalam kategori memuaskan.