Abstract:
Revolusi industri 4.0 telah membuat internet dan teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Dapat dilihat dari kebiasaan manusia yang mengubah berbagai kegiatan atau aktivitas menjadi serba online. Melihat perkembangan teknologi dan kebiasaan dari masyarakat, para ahli bisnis melihat peluang dan mulai mendirikan e-commerce. Salah satu e-commerce yang muncul di tengah perkembangan teknologi ini adalah Moladin. Moladin menyediakan platform e-commerce untuk proses jual dan beli mobil secara online. Dari hasil observasi dan preliminary research yang dilakukan, ditemukan bahwa masih banyak responden yang belum mengetahui keberadaan
Moladin. Mayoritas dari responden juga sudah terbiasa menggunakan platform lain sebagai platform jual beli mobil bekas karena merasa lebih mudah dalam menemukan iklannya sehingga lebih dipercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi dari Moladin dan pengaruhnya terhadap kesadaran merek serta dampaknya terhadap brand preference pada Moladin. Jenis penelitian ini
merupakan applied research dengan metode eksplanatori. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling terhadap 200 responden dengan kriteria mengetahui Moladin dan pernah menggunakan platform jual beli mobil bekas online. Selanjutnya penulis melakukan teknik analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS untuk menganalisis dan mengolah data. Berdasarkan hasil analisis deskriptif statistik, diketahui masyarakat memiliki persepsi yang buruk
terhadap bauran promosi yang dilakukan oleh Moladin. Semua dimensi dalam bauran promosi mendapat nilai buruk kecuali public relations yang mendapat nilai cukup baik. Selain itu, kesadaran merek dan preferensi merek dari Moladin juga mendapat nilai yang buruk dan rendah. Selanjutnya berdasarkan analisis SEM PLS, diketahui bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel bauran promosi dan, preferensi merek baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel kesadaran merek. Selain itu, hubungan antara variabel kesadaran merek dan preferensi merek juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan.