Abstract:
Ketimpangan pendapatan merupakan salah satu issue dalam perekonomian yang kerap terjadi dalam suatu negara. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi ketimpangan pendapatan yaitu ketimpangan gender dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ratarata lama sekolah, tingkat partisipasi angkatan kerja dan ketimpangan gender di tingkat pendidikan menengah dan tinggi terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia pada tahun 2000 hingga tahun 2021.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda Ordinary Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata lama sekolah dan ketimpangan gender di tingkat pendidikan tinggi berpengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan pendapatan sementara ketimpangan gender di tingkat pendidikan menengah berpengaruh negatif signifikan, dan tingkat partisipasi angkatan kerja
berpengaruh negatif tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian pemerintah disarankan untuk lebih memaksimalkan program bantuan pendidikan yang sudah berjalan dan memperbaiki aksesibilitas pendidikan di daerah pedesaan dan daerah terpencil lainnya