Sense of place pada Filosofi Kopi Melawai

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wijayaputri, Caecilia Srikanti
dc.contributor.author Margayu, Tadisa
dc.date.accessioned 2023-10-12T02:21:59Z
dc.date.available 2023-10-12T02:21:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43944
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16243
dc.description 6504 - FTA en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, ruang arsitektur dapat ditampilkan melalui media sinematografi dengan sangat baik, sehingga mampu mengekspresikan, mencirikan, menafsirkan dan juga menggambarkan suasana ruang secara riil dalam bayangan penontonya. Seperti halnya yang terjadi pada kedai Filosofi Kopi Melawai yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan. Tujuan awal pembuatan kedai ini diperuntukkan sebagai setting atau latar film yang tayang pada tahun 2015 lalu, berjudul Filosofi Kopi. Kemudian dengan marak dan gemparnya film tersebut, kedai ini kemudian mulai dioperasikan seperti kedai kopi pada umumnya dan dapat diakses oleh publik. Filosofi Kopi sendiri saat ini telah menjadi merek waralaba atau franchise brand yang cukup terkenal di Indonesia. Maka dari itu, persepsi dan cara pengguna berperilaku terhadap peralihan fungsi kedai Filosofi Kopi Melawai yang ditinjau dari aspek sense hal yang menarik untuk dikaji secara lebih mendalam pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini sendiri ialah untuk memahami bagaimana sense of place pada kedai Filosofi Kopi Melawai dapat terbentuk serta elemen dan kualitas arsitektural apa yang membentuk sense of place tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif yang dilakukan dengan menganalisa tatanan fisik kedai Filosofi Kopi dalam sinema serta objek studi kedai Filosofi Kopi Melawai di ruang nyata berdasarkan teori sense of place. Data data yang digunakan dan dikumpulkan kemudian dianalisa berupa data fisik objek studi dalam sinema dan ruang nyata, aktivitas pengguna melalui observasi serta persepsi pengguna terhadap objek studi yang diambil melalui kuisioner dan wawancara. Teknik Analisa yang dilakukan adalah menjabarkan hasil observasi dan membandingkannya dengan data kualitatif yang diperoleh dari kuisioner dan wawancara. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini berupa penjelasan aspek sosial dan fisik yang paling mempengaruhi pembentukan sense of place pada kedai Filosofi Kopi Melawai, antara lain faktor kognisi dan persepsi pengguna serta elemen dekorasi kedai. Kedua aspek pembentuk sense of place tersebut yang kemudian mencirikan kedai Filosofi Kopi Melawai berbeda dengan kedai kopi lainnya dan memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject SINEMA, SENSE OF PLACE, KEDAI FILOSOFI KOPI MELAWAI. TADISA MARGAYU en_US
dc.title Sense of place pada Filosofi Kopi Melawai en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6111801150
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420018007
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account