Usulan strategi pemasaran pada Toko X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Liem, Albert Kurniawan
dc.date.accessioned 2023-10-06T03:05:24Z
dc.date.available 2023-10-06T03:05:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43770
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16169
dc.description 6114 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko X merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri besi baja, khususnya distributor besi beton dengan sertifikasi SNI yang berlokasi di Surabaya. Sebagai toko besi beton yang baru berdiri selama 18 bulan, Toko X masih belum memiliki strategi pemasaran yang tetap dan hanya melakukan uji coba setiap kemungkinan yang ada dalam memasarkan produknya, sehingga sulit untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan. Usulan strategi pemasaran dimulai dengan melakukan identifikasi variabel apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian besi beton, terdapat 8 variabel dengan 16 elemen yang teridentifikasi akan menjadi dasar dalam pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan didapatkan responden sebanyak 117 orang. Dimana hasil pengumpulan data kuesioner ini diperlukan untuk menentukan segmenting, targeting dan positioning dengan metode KMeans Clustering pada Toko X. Terbentuk 5 cluster yang mana pada cluster 5 mayoritas memiliki pekerjaan sebagai pekerja bangunan dan cluster 4 memiliki pekerjaan sebagai kontraktor retail akan dijadikan target pasar dari Toko X. Penentuan targeting ini juga didukung melalui identifikasi sektor industri dan situasi internal perusahaan dengan analisis Porter s Five Force Model dan SWOT dalam menentukan target pasar cluster 5 sebagai primary cluster dan cluster 4 sebagai secondary cluster oleh Toko X. Adapun pada tahap positioning akan menggunakan radar chart untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Toko X berdasarkan variabel-variabel yang telah teridentifikasi. Berdasarkan tahapan metodologi yang telah dilakukan, akan dirancang usulan strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran 4P. Dimana hasil usulan strategi terdiri dari 2 buah usulan untuk product, 2 buah usulan untuk price, 3 buah usulan untuk place dan 7 buah usulan untuk promotion. Setiap usulan ini guna mencapai persepsi bahwa Toko X merupakan Toko yang melayani konsumen kalangan menengah ke bawah dengan biaya pengiriman yang murah dan cepat serta memiliki akses parkir yang mudah untuk mencapai reputasi toko dengan kredibilitas baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran pada Toko X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901172
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account