Abstract:
Toko X merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri besi baja,
khususnya distributor besi beton dengan sertifikasi SNI yang berlokasi di
Surabaya. Sebagai toko besi beton yang baru berdiri selama 18 bulan, Toko X
masih belum memiliki strategi pemasaran yang tetap dan hanya melakukan uji
coba setiap kemungkinan yang ada dalam memasarkan produknya, sehingga sulit
untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan. Usulan strategi pemasaran
dimulai dengan melakukan identifikasi variabel apa saja yang menjadi
pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian besi beton, terdapat 8
variabel dengan 16 elemen yang teridentifikasi akan menjadi dasar dalam
pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan didapatkan responden
sebanyak 117 orang. Dimana hasil pengumpulan data kuesioner ini diperlukan
untuk menentukan segmenting, targeting dan positioning dengan metode KMeans
Clustering pada Toko X. Terbentuk 5 cluster yang mana pada cluster 5
mayoritas memiliki pekerjaan sebagai pekerja bangunan dan cluster 4 memiliki
pekerjaan sebagai kontraktor retail akan dijadikan target pasar dari Toko X.
Penentuan targeting ini juga didukung melalui identifikasi sektor industri dan situasi internal perusahaan dengan analisis Porter s Five Force Model dan SWOT dalam menentukan target pasar cluster 5 sebagai primary cluster dan cluster 4 sebagai secondary cluster oleh Toko X. Adapun pada tahap positioning akan
menggunakan radar chart untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Toko
X berdasarkan variabel-variabel yang telah teridentifikasi. Berdasarkan tahapan
metodologi yang telah dilakukan, akan dirancang usulan strategi pemasaran
dengan menggunakan bauran pemasaran 4P. Dimana hasil usulan strategi terdiri
dari 2 buah usulan untuk product, 2 buah usulan untuk price, 3 buah usulan untuk
place dan 7 buah usulan untuk promotion. Setiap usulan ini guna mencapai
persepsi bahwa Toko X merupakan Toko yang melayani konsumen kalangan
menengah ke bawah dengan biaya pengiriman yang murah dan cepat serta
memiliki akses parkir yang mudah untuk mencapai reputasi toko dengan
kredibilitas baik.