Mutu dan relevansi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Sadina Kabupaten Garut

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herwanto, Trisno Sakti
dc.contributor.author Ashshiddiq, Muhammad Faisal
dc.date.accessioned 2023-10-04T04:48:03Z
dc.date.available 2023-10-04T04:48:03Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44060
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16143
dc.description 10182 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu dan relevansi dari penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Sadina Kabupaten Garut. Paket C merupakan program yang di inisiasi pemerintah, untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat. Meskipun demikian, dari 112 penyelenggaran program Paket C (PKBM), hanya 22 lembaga PKBM di Kabupaten Garut yang sudah terakreditasi. Ditengah fenomena tersebut, diperlukan upaya untuk mengkonfirmasi kualitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket C yang diselenggaran oleh lembaga PKBM di Kabupaten Garut. Berdasarkan pedoman pelaksanaan program, dalam mengukur mutu dan relevansi perlu memperhatikan 3 (tiga) aspek utama yaitu input, proses, dan output. Untuk memenuhi hal tersebut peneliti menggunakan model evaluasi program countenance stake, yang terdiri dari aspek antecedents sebagai input, transactions sebagai proses, dan outcome. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini alah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian, pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C seperti Ketua PKBM Sadina, tutor, warga belajar atau peserta didik PKBM Sadina, serta pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Observasi selama penyelenggaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C berlangsung, serta dokumen-dokumen terkait penyelenggaran Program Paket C. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyelenggaraan Program Kesetaraan Paket C di PKBM Sadina dinilai bermutu dan relevan, yang dimana PKBM Sadina memiliki kualitas yang memadai dan juga relevan dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut ditunjukan dalam hasil evaluasi aspek antecedents, transactions, dan outcomes yang Dinilai sesuai berdasarkan standar atau pedoman pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Mutu dan Relevansi Program en_US
dc.subject Program Paket C en_US
dc.subject PKBM en_US
dc.title Mutu dan relevansi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Sadina Kabupaten Garut en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6071801036
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430098902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account