Evaluasi dan usulan strategi pemasaran Se.Kilab

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Santosa, Theofilus Calvin Patadungan
dc.date.accessioned 2023-10-04T03:00:29Z
dc.date.available 2023-10-04T03:00:29Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43744
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16134
dc.description 6088 - FTI en_US
dc.description.abstract Kota Bandung merupakan kota yang memiliki coffee shop terbanyak di Indonesia. Se.Kilab merupakan usaha mahasiswa berbentuk kedai kopi yang terletak di Jalan Ciumbuleuit, Bandung. Dengan demikian Se.Kilab turut masuk ke dalam persaingan antar coffee shop di kota Bandung. Persaingan tersebut terjadi pada segi online dan offline. Pada segi online, penjualan setiap coffee shop memiliki persaingan yang ketat, yaitu pada ecommerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran dan mendapatkan usulan rancangan strategi pemasaran Se.Kilab dengan model e-marketing. Dari 8 variabel penelitian referensi, kemudian diidentifikasi 14 variabel yang kemudian disusun ke dalam instrumen penelitian (kuesioner). Dari hasil penyebaran kuesioner, diperoleh 105 data responden yang dapat diolah lebih lanjut dari 108 data responden yang terkumpul. Data kuesioner yang sudah valid dan reliabel kemudian dioleh menggunakan k-means clustering. Hasil yang didapatkan adalah, melalui 3 cluster yang terbentuk, dipilih target pasar untuk cluster yang kedua. Target pasar tersebut merupakan konsumen dengan rentang usia 18-25 tahun, dengan Shopeefood sebagai e-commerce utama. Dari hasil penentuan target tersebut, dilakukan rancangan strategi pemasaran dengan rekomendasi sebagai berikut. Se.Kilab perlu memberikan promo kepada mahasiswa/i UNPAR sebagai target pasar nya di media sosial. Media sosial yang digunakan oleh Se.Kilab adalah Instagram dan Tiktok agar penjualan pada Shopeefood akan meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu, layanan yang memuaskan, dan harga yang terjangkau merupakan variabel yang harus dipertahankan oleh Se.Kilab. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan usulan strategi pemasaran Se.Kilab en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801162
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account