Evaluasi dan rekomendasi rancangan display iklan Restoran Fast Food berdasakan Kansei Engineering dan Eye Tracking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Aurelly, Tammya Evellyn
dc.date.accessioned 2023-10-02T03:34:10Z
dc.date.available 2023-10-02T03:34:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43730
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16098
dc.description 6074 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri makanan cepat saji (fast food) memiliki potensi yang cukup besar sehingga akan berdampak pada semakin ketatnya persaingan antar pelaku usaha. Persaingan yang terjadi ditandai dengan semakin banyaknya brand dan juga outlet restoran fast food di Indonesia. Maka dari itu, diperlukan suatu strategi agar restoran fast food dapat bertahan di pasaran. Periklanan merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis termasuk restoran fast food. Namun, saat ini banyak iklan dari restoran fast food belum memberikan pengalaman yang menyenangkan secara maksimal bagi konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi rancangan display iklan restoran fast food berdasarkan keinginan konsumen. Penelitian dilakukan dengan Kansei Engineering dan Eye Tracking. Penelitian dengan Kansei Engineering diawali dengan pengumpulan dan pengelompokan kata Kansei, sehingga terbentuk 8 kelompok kata Kansei dan teridentifikasi 72 kata Kansei. Selanjutnya dilakukan penyebaran kuesioner semantic differential untuk menilai 6 sampel iklan restoran fast food. Data yang diperoleh diolah secara pengujian statistik, analisis faktor, dan interpretasi analisis faktor. Hasil perhitungan yang diperoleh adalah 3 faktor, yaitu Memikat , Proposional , dan Informatif . Sedangkan, penelitian dengan Eye Tracking dilakukan dengan menggunakan eye tracker untuk menganalisis area yang menjadi perhatian konsumen terhadap display iklan. Pengolahan data dilakukan menggunakan Heat Maps, Gaze Plots, time to first fixation, durasi fiksasi, dan jumlah fiksasi. Berdasarkan dari hasil Eye Tracking menunjukkan hasil area yang dilihat oleh konsumen belum sesuai dengan urutan prioritas area of interest (AOI) iklan. Dengan demikian, dilakukan perancangan rekomendasi display iklan berdasarkan hasil evaluasi Kansei Engineering dan Eye Tracking. Rancangan properti poster iklan yang dibuat mengacu pada tiga faktor Kansei dan hasil pemetaan layout dari Eye Tracking. Hasil rancangan ulang poster iklan yang mengandung kata Kansei lebih diminati oleh konsumen, sehingga dapat memenuhi Kansei selaras, profesional, informatif, realistis, ikonis, memengaruhi, dan menarik. Sedangkan untuk hasil urutan prioritas AOI masih belum tercapai, akan tetapi fiksasi yang dihasilkan sudah lebih lama yaitu sebesar 0,8 detik dan lebih banyak yaitu sebanyak 1,75 kali. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Evaluasi dan rekomendasi rancangan display iklan Restoran Fast Food berdasakan Kansei Engineering dan Eye Tracking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801008
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412027501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account