Abstract:
Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, bisnis pakaian muslim di Indonesia
merupakan bisnis yang berpotensi sukses dan memiliki banyak konsumen.
Namun, besarnya pasar juga berarti besarnya persaingan. Sebagai salah satu
bisnis pakaian muslim, RASI harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk
menarik perhatian konsumen. Perbaikan strategi pemasaran ini diakibatkan tidak
tercapainya target penjualan RASI pada beberapa waktu terakhir. Maka,
penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan strategi pemasaran yang tepat
untuk menarik perhatian konsumen RASI. Penelitian ini dilakukan dengan riset
pasar melalui kuesioner kepada 111 responden. Dari hasil kuesioner tersebut,
selanjutnya dilakukan segmentasi dan targeting konsumen. Dari x segmen yang
terbentuk, RASI menetapkan segmen detail oriented sebagai target
konsumennya. Target konsumen ini memiliki karakteristik mementingkan semua
aspek yang ada dari harga, produk, kualitas, promosi, kemasan dan juga
kemudahan untuk membeli suatu produk, akan tetapi pada cluster ini tidak terlalu
mementingkan brand ambassador dari suatu produk. Berdasarkan hasil
klasterisasi dan pemetaan target, usulan strategi pemasaran yang dapat
diterapkan oleh RASI adalah marketing mix dengan berfokus pada konsistensi
kualitas serta variasi produk, menonjolkan promosi, menjalin kerja sama untuk
memperluas area pemasaran, serta meningkatkan kreativitas dalam promosi
produk.