Usulan perancangan Toko Emas Sinar Jaya online berdasarkan faktor yang memengaruhi niat beli emas muda secara online

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.author Marcus, Jeremy
dc.date.accessioned 2023-10-02T02:46:10Z
dc.date.available 2023-10-02T02:46:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43725
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16089
dc.description 6069 - FTI en_US
dc.description.abstract Peningkatan penggunaan internet sebesar 6.78% dari periode 2020-2021 dan besarnya proyeksi kontribusi transaksi digital di Indonesia mendorong pemilik Toko Emas Sinar Jaya untuk memulai kegiatan jual beli emas muda secara online. Platform Shopee dipilih oleh pemilik karena Shopee merupakan e-commerce yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Pemilik kesulitan dalam merancang toko onlinenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen dalam melakukan pembelian produk emas muda secara online. Dari faktor yang diidentifikasi ini, kemudian dirancang usulan toko online Sinar Jaya di platform Shopee yang dapat menarik minat pembeli. Penelitian ini diawali dengan pembuatan model penelitian dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi niat beli berdasarkan hasil studi literatur dari penelitian sejenis yang sebelumnya sudah dilakukan. Faktor dalam model niat beli emas muda ini, antara lain: Perceived benefit, trust, dan risk. Selanjutnya ditentukan operasionalisasi variabel yang berisi 16 indikator penelitian. Dari pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online, diperoleh sebanyak 107 data. Data diolah menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLSSEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa risk, trust, benefit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat beli konsumen, dengan nilai efek langsung sebesar 0.633, -0.122, 0.239., Beberapa usulan yang berikan diantaranya: pada faktor benefit, diberikan usulan pemberian cashback atau diskon agar pembeli lebih tertarik untuk berbelanja secara online; pemilik memberikan jaminan untuk buyback produknya kembali dan menanggung biaya transfer, serta pengembalian dana jika produk yang dikirimkan tidak sesuai untuk mengurangi resiko pembelian emas online; memastikan bahwa produk yang dijual maupun yang dikirim dalam kondisi yang baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perancangan Toko Emas Sinar Jaya online berdasarkan faktor yang memengaruhi niat beli emas muda secara online en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610202
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404078703
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account