Diplomasi budaya Korea Selatan di Amerika Serikat : studi kasus nation branding musik K-Pop melalui pengembangan agensi Bighit Entertainment di Amerika Serikat tahun 2017-2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Valerisha, Anggia
dc.contributor.author Noor, Prameswari Jabal
dc.date.accessioned 2023-10-02T02:20:02Z
dc.date.available 2023-10-02T02:20:02Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43722
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16083
dc.description 10273 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini membahas permasalahan atas kendala yang dirasakan oleh berbagai masyarakat asing termasuk di Amerika Serikat yaitu bahasa Korea yang tergolong sulit untuk dipelajari dan daya saing budaya barat yang tinggi. Melihat latar belakang Korea Selatan sebagai negara maju dan dengan keunggulan dalam bidang teknologi dan industri hiburan, Korea Selatan memiliki strategi dalam memperluas budayanya melalui diplomasi budaya. Dengan demikian, muncul pertanyaan penelitian berupa “Bagaimana strategi Nation Branding Korea Selatan Melalui Bighit Entertainment di Amerika Serikat pada tahun 2017 hingga tahun 2022?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kasus dan studi dokumentasi. Untuk mendeskripsikan fenomena dalam penelitian dijelaskan menggunakan konsep diplomasi budaya, diplomasi publik oleh Szondi, serta nation branding dari Simon Anholt. Hasil penelitian menemukan upaya nation branding Korea Selatan dijalankan dengan pendekatan soft power melalui promosi budaya yang dibawa oleh aktor non negara, Bighit Entertainment dan BTS dan TXT selaku aktor multi-pihak. Pelaksanaan diplomasi publik dibuktikan dengan adanya perluasan budaya di Amerika Serikat dan partisipasi dalam aktivitas formal kenegaraan dalam PBB dan kampanye UNICEF dengan BTS, serta partisipasi TXT di acara Korean Concert (KCON) di Amerika Serikat. Melalui strategi Bighit Entertainment dalam menarik publik asing melalui Customer Relationship Management yang mendorong perluasan budaya Korea di Amerika Serikat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject amerika serikat en_US
dc.subject DIPLOMASI BUDAYA en_US
dc.subject Korea Selatan en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject Bighit Entertainment en_US
dc.title Diplomasi budaya Korea Selatan di Amerika Serikat : studi kasus nation branding musik K-Pop melalui pengembangan agensi Bighit Entertainment di Amerika Serikat tahun 2017-2022 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901285
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429088704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account