Upaya nation branding Indonesia dalam membangun citra sebagai pusat ekonomi syariah global melalui industri produk halal tahun 2019-2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Munthe, Atom Ginting
dc.contributor.author Amadea, Thalista
dc.date.accessioned 2023-09-29T02:11:04Z
dc.date.available 2023-09-29T02:11:04Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43703
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16060
dc.description 10254 - FISIP en_US
dc.description.abstract Secara global, Indonesia merupakan negara dengan populasi masyarakat beragama Islam terbesar di dunia. Ditambah dengan popularitas ekonomi syariah yang kian meningkat, Indonesia pun memiliki ambisi untuk menjadi pusat ekonomi syariah global. Namun realitanya, kedudukan Indonesia masih berada di bawah negara lain. Terutama pada sektor industri produk halal yang melingkupi makanan, fesyen, farmasi dan kosmetik, turisme, serta media dan rekreasi halal. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab “Bagaimana upaya nation branding Indonesia dalam mendorong industri produk halal guna menjadi pusat ekonomi syariah global?” khususnya para periode 2019-2021. Penelitian ini mencoba mengkaji upaya nation branding Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah global melalui industri produk halal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, tepatnya analisa kerja dan aktivitas. Paradigma utama yang digunakan pada penelitian ini adalah Konstruktivisme, didukung oleh konsep nation branding karya Keith Dinnie, teori diplomasi ekonomi karya Bayne dan Woolcock, serta diplomasi komersial menurut Oliver Narray. Hasil akhir dari penelitian mengungkapkan bahwa Indonesia memanfaatkan berbagai instrumen diplomasi seperti menginisasikan pembentukan perjanjian perdagangan bebas, diskusi dan partisipasi aktif di forum internasional serta menyelenggarkan pameran dagang internasional guna mempromosikan produk halal Indonesia. Pada setiap sektor industri produk halal, Indonesia juga berkolaborasi dengan pelaku bisnis untuk menginternasionalisasikan produk halal. Seluruhnya dilakukan agar masyarakat global memiliki benak yang tertuju kepada Indonesia ketika mengonsumsi industri produk halal. Maka, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa Indonesia telah melakukan berbagai upaya nation branding secara umum maupun spesifik di setiap sektor agar mampu dipandang sebagai pusat ekonomi syariah global. Walaupun dalam upaya-upaya tersebut, masih terdapat kesenjangan seperti makanan dan fesyen halal yang terlihat lebih difokuskan sedangkan sektor lain seperti media dan rekreasi halal masih terbelakang dengan upaya yang kurang gencar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject INDONESIA en_US
dc.subject Diplomasi ekonomi en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject industri produk halal en_US
dc.subject ekonomi syariah en_US
dc.subject diplomasi komersial en_US
dc.title Upaya nation branding Indonesia dalam membangun citra sebagai pusat ekonomi syariah global melalui industri produk halal tahun 2019-2021 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091901118
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account