Abstract:
Penelitian ini berisi tentang upaya Anova Food USA sebagai industri
makanan laut dari Amerika Utara untuk mengimplentasikan konsep Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap nelayan Tuna Sirip Kuning di Pulau Buru.
Sektor perikanan tuna di Pulau Buru dapat dikategorikan sebagai “miskin data”
yaitu kurangnya informasi untuk memastikan keberlanjutan tuna di masa depan.
Oleh karena itu, pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana implementasi program CSR oleh Anova Food USA terhadap nelayan
tuna di Pulau Buru Indonesia pada tahun 2010-2020?” Dalam menjawab pertanyaan
penelitian, peneliti menggunakan konsep utama yaitu CSR. Konsep CSR dari
Carroll dan Buchholtz digunakan untuk menjelaskan bentuk tanggung jawab dari
Anova sebagai sektor bisnis kepada konsumen, pemangku kepentingan, dan
masyarakat sosial. Penelitian ini menemukan bahwa program CSR yang diinisiasi
oleh Anova telah diimplementasikan melalui program-program yang dilaksanakan
oleh Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI). Program tersebut, pertama
adalah Program Peningkatan Perikanan, merupakan program yang menerapkan
standar dari sertifikasi keberlanjutan Marine Stewardship Council (MSC). Kedua
adalah Program Sosial dan Komunitas, merupakan program yang menerapkan
standar Fair Trade USA. Ketiga, ketertelusuran merupakan program untuk
menciptakan sistem agar produk Anova dapat dilacak sejak ditangkap nelayan
sampai di tangan konsumen.