Upaya membangun citra Indonesia melalui gastrodiplomasi kopi di Jerman (2019-2021)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Valerisha, Anggia
dc.contributor.author Wijaksana, Mohammad Faris
dc.date.accessioned 2023-09-26T07:48:13Z
dc.date.available 2023-09-26T07:48:13Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43681
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16039
dc.description 10233 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kopi sudah menjadi komoditas umum dan dikonsumsi sehari-hari oleh seluruh masyarakat dunia, membuat kopi menjadi komoditas kedua yang memiliki permintaan tinggi pada pasar global. Indonesia telah mewarisi tanaman kopi sejak masa kolonialisme Belanda yang sudah disebarluaskan di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini menjadi keunggulan karena saat ini Indonesia menduduki sebagai produsen kopi terbesar ke-4 di dunia dan memiliki kopi yang bervariatif. Keunggulan ini disadari pemerintah Indonesia terutama akan manfaat ekonominya di pasar global. Tak heran jika pada periode 2019-2021, terdapat harapan bahwa kopi dapat dimanfaatkan sebagai identitas negara oleh pemerintah Indonesia di khususnya di negara Jerman. Jerman sendiri merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki industri kopi yang besar. Namun, terdapat beberapa masalah yang perlu dihadapi pada periode tahun tersebut, diantaranya Covid-19, perubahan iklim, dan minimnya tenaga ahli pada bidang kopi. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan: ??Bagaimana upaya yang dilakukan Indonesia dalam memanfaa??kan k????i ??ebagai ci????a nega??a melal??i ga????????di??l??ma??i k????i di Je??man???. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan teori dan konsep soft power, diplomasi publik, gastrodiplomasi, nation branding dengan metode kualitatif studi kasus melalui sumber primer dan sekunder. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan upaya gastrodiplomasi kopi Indonesia di Jerman melibatkan aktor negara dan non-negara untuk membangun citra negara, dalam bentuk pengadaan booth dalam pameran kopi, kegiatan ekspor, uji coba rasa kopi, publikasi media dan pengadaan kedai kopi Indonesia di Jerman pada periode waktu tahun 2019-2021. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject INDONESIA en_US
dc.subject Jerman en_US
dc.subject kopi en_US
dc.subject Gastrodiplomasi en_US
dc.subject Citra Negara en_US
dc.title Upaya membangun citra Indonesia melalui gastrodiplomasi kopi di Jerman (2019-2021) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6091801129
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429088704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account