Efektivitas sekolah ramah anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Triastuti, Maria Rosarie Harni
dc.contributor.author Chotimah, Fauziah Luqyana Nurul
dc.date.accessioned 2023-09-25T04:13:44Z
dc.date.available 2023-09-25T04:13:44Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43638
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16018
dc.description 10190 - FISIP en_US
dc.description.abstract Sekolah Ramah Anak merupakan sebuah program yang memiliki tujuan untuk memberikan pemenuhan pendidikan melingkupi hak dan perlindungan khusus bagi anak sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No. 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Sekolah Ramah Anak sudah diterapkan di SDN 001 Merdeka sejak tahun 2017 namun terdapat indikasi masalah yang dapat mengganggu pencapaian Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung berdasarkan 6 komponen program Sekolah Ramah Anak dan untuk mengetahui upaya mengatasi kendala pencapaian efektivitas program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan Teori Program pada Teori Perubahan oleh Funnell dan Rogers untuk mengukur efektivitas Program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka dan mengidentifikasi penyebab masalah utama yang mengganggu pencapaian Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan manusia sebagai subjek penelitian untuk melihat situasi sosial sejauh mana keberhasilan atau bentuk optimal dari efektivitas Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi SDN 001 Merdeka, studi literatur melalui pedoman Sekolah Ramah Anak, wawancara kepada 11 informan Narasumber yang terbagi 2 orang dari Tenaga Pengajar, 1 orang dari Bidang Kesiswaan, 2 orang dari Orang Tua Peserta Didik, 6 orang dari Peserta Didik, san 1 orang dari Tenaga Keamanan atau Satpam Sekolah, dan dokumentasi melalui dokumen sekolah dan dokumentasi foto kondisi Sekolah SDN 001 Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari tiga komponen tersebut dinyatakan bahwa program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung kurang efektif. Dijelaskan pada komponen pertama teori bahwa terdapat situasi yang tidak sesuai dengan Sekolah Ramah Anak. Komponen yang kedua hasil kondisi yang dicapai hanya sebagian, dengan kondisi sebagiannya lagi mengalami kendala. Komponen terakhir bahwa pelaksanaan Sekolah Ramah Anak perlu bergantung pada komponen sekolah ramah anak untuk mencapai hasil dan mengatasi situasi kondisi Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject efektivitas program en_US
dc.subject Program Sekolah Ramah Anak en_US
dc.subject SDN 001 Merdeka en_US
dc.title Efektivitas sekolah ramah anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6071901086
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423087302
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account