Abstract:
Sekolah Ramah Anak merupakan sebuah program yang memiliki tujuan
untuk memberikan pemenuhan pendidikan melingkupi hak dan perlindungan
khusus bagi anak sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan
Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No. 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Sekolah Ramah Anak sudah diterapkan di SDN 001 Merdeka sejak tahun 2017 namun terdapat indikasi masalah yang dapat mengganggu pencapaian Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung berdasarkan 6 komponen program Sekolah Ramah Anak dan untuk mengetahui upaya mengatasi kendala pencapaian efektivitas program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan Teori Program pada Teori Perubahan oleh Funnell dan Rogers untuk mengukur efektivitas Program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka dan mengidentifikasi penyebab masalah utama yang mengganggu pencapaian Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi menggunakan manusia sebagai subjek penelitian untuk melihat situasi sosial sejauh mana keberhasilan atau bentuk optimal dari efektivitas Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi SDN 001 Merdeka, studi literatur melalui pedoman Sekolah Ramah Anak, wawancara kepada 11 informan Narasumber yang terbagi 2 orang dari Tenaga Pengajar, 1 orang dari Bidang Kesiswaan, 2 orang dari Orang Tua Peserta Didik, 6 orang dari Peserta Didik, san 1 orang dari Tenaga Keamanan atau Satpam Sekolah, dan dokumentasi melalui dokumen sekolah dan dokumentasi foto kondisi Sekolah SDN 001 Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari tiga komponen tersebut dinyatakan bahwa program Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka Kota Bandung kurang efektif. Dijelaskan pada komponen pertama teori bahwa terdapat situasi yang tidak sesuai dengan Sekolah Ramah Anak. Komponen yang kedua
hasil kondisi yang dicapai hanya sebagian, dengan kondisi sebagiannya lagi
mengalami kendala. Komponen terakhir bahwa pelaksanaan Sekolah Ramah
Anak perlu bergantung pada komponen sekolah ramah anak untuk mencapai hasil dan mengatasi situasi kondisi Sekolah Ramah Anak di SDN 001 Merdeka.