Abstract:
Hidup sehat adalah dambaan setiap orang, dan pandemi Covid-19 memaksa
masyarakat semakin marak melakukan aktivitas kesehatan untuk menunjang
kebutuhan hidup sehat. Salah satu yang dilakukan adalah mengatur pola makan, istirahat, dan olahraga dengan berolahraga di pusat kebugaran (gym). Tren gaya hidup sehat ini membawa peluang bisnis pusat kebugaran (gym). Peluang ini menarik para pengusaha untuk masuk ke industri ini sehingga persaingan menjadi ketat. Salah satu gym center yaitu Ksatria Gym menghadapi persaingan yang ketat di industri gym di Bandung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika persaingan dalam
industri bisnis pusat kebugaran (gym) di Kota Bandung. Penelitian ini mencoba merancang strategi bisnis gym center dengan menggunakan Ksatria Gym sebagai studi kasus dengan metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan alat Porter's Five Forces, PESTEL, dan Value Chain. Analisis SWOT membantu dalam merumuskan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Penelitian ini mengumpulkan data primer dan data sekunder.
Hasil riset menunjukkan dinamika persaingan yang tinggi di industri bisnis
pusat kebugaran (gym). Strategi bersaing yang diusulkan adalah Best Cost Provider Strategy berdasarkan matriks SWOT di Ksatria Gym.